TITIN BADI'ATU SHOLIKAH, 12205183055 (2022) STRATEGI GURU DALAM MENUMBUHKAN SIKAP SOSIAL DAN KOMUNIKATIF PESERTA DIDIK DI MIN 4 TULUNGAGUNG DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI ERA MILLENIAL. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (252kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (43kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (281kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (339kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (262kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (403kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (47kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (179kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Guru Dalam Menumbuhkan Sikap Sosial Dan Komunikatif Peserta Didik di MIN 4 Tulungagung Dalam Proses Pembelajaran Di Era Millenial” ini ditulis oleh Titin Badi’atu Sholikah, NIM. 12205183055. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Uin Syarif Hidayatullah Tulungagung, pembimbing Prof. Dr. Hj. Binti Maunah M.Pd.I Kata-kata kunci: Strategi, Sikap Sosial, Komunikatif, Pembelajaran, Millenial Kurangnya pembiasaan untuk mengintegrasikan sikap sosial dalam pembelajaran menyebabkan rendahnya sikap sosial siswa, karena sikap sosial merupakan sikap dasar yang harus dimiliki siswa untuk berinteraksi dengan teman, guru, keluarga dan lingkungan. Oleh krena itu sangat diperlukan strategi seorang guru dalam menumbuhkan sikap sosial dan komunikatif pada siswa. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti merumuskan fokus penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimana respon peserta didk di MIN 4 Tulungagung terhadap kehidupan sosial di era millenial terutama dalam hal ketergantungan gadget? 2) Bagaimana sikap komunikatif peserta didik di MIN 4 Tulungagung terhadap lingkungan masyarakat dan lingkungan ekolah di era millenial? 3) Bagaimana strategi guru untuk menumbuhkan sikap sosial dan komunikatif terhadap peserta didik di MIN 4 Tulungagung yang sudah kecenderungan terhadap gadget? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui respon peserta didik di MIN 4 Tulungagung terhadap kehidupan sosial di era milenial terutama dalam hal ketergantungan gadget (2) Untuk mengetahui sikap komunikatif peserta didik di MIN 4 Tulungagung terhadap lingkungan masyarakat dan lingkungan sekolah di era milenial (3) Untuk mengetahui strategi guru untuk menumbuhkan sikap sosial dan komunikatif terhadap peserta didik di MIN 4 Tulungagung yang sudah kecenderungan terhadap gadget. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan pengumpuln data, reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan. Dalam pengecekan keabsahan data terdapat beberapa rincian yakni memperpanjang pengamatan, triangulasi, ketekunan pengamatan. Triangulasi terdiri dari triangulasi data dan triangulasi metode. Tahapan pada penelitian terdiri dari tahap pra-lapangan, tahap pekerjaan lapangan, tahap analisis data Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Respon Peserta didik di MIN 4 Tulungagung terhadap kehidupan sosial di era milenial terutama dalam ketergantungan gadget ialah masih banyak peserta didik MIN 4 Tulungagung yang menyalahgunakan gadget yang mengakibatkan sikap sosial peserta didik menjadi kurang maka dari itu perlu pendampingan dari guru maupun dari orang tua untuk menumbuhkan sikap sosial (2) Sikap komunikatif peserta didik terhadap lingkungan masyarakat dan lingkungan sekolah di era milenial ialah masih kurang baik dimana terdapat peserta didik di MIN 4 Tulungagung masih mengabaikan sikap komunikatif mereka di lingkungan sekolah maupun masyarakat (3) Strategi guru untuk menumbuhkan sikap sosial dan komunikatif terhadap peserta didik di MIN 4 Tulungagung yang sudah kecenderungan gadget ialah dengan cara guru mendisiplinkan dalam pengumpulan tugas selain itu guru MIN 4 Tulungagung juga mempunyai strategi dengan cara membatasi untuk memegang gadget pada saat di rumah atau diluar sekolah dengan cara berkomunikasi dengan orang tua atau bekerja sama dengan orang tua untuk mengontrol aktiitas belajar peserta didik sewaktu di rumah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran Pendidikan > Gaya Belajar Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan Pendidikan > Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183055 Titin Badi’atu Sholikah |
Date Deposited: | 15 Jul 2022 06:35 |
Last Modified: | 15 Jul 2022 06:35 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27487 |
Actions (login required)
View Item |