AHMAD HABIB FADLLI, 12205183227 (2022) UPAYA GURU DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (544kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (571kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (61kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (793kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (779kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (815kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (341kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (481kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (220kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (435kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Upaya Guru dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Ahmad Habib Fadlli, NIM 12205183227. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatulllah Tulungagung (UIN SATU), dibimbing oleh Dr. Nuryani, M.Pd.I. Kata kunci: Upaya guru, Motivasi Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi yang sekarang sedang dialami oleh bangsa indonesia. Pendidikan saat ini sangat sulit. Sistem pembelajarannya juga harus beradaptasi dengan situasi dan kondisi sekarang, sehingga upaya guru sangatlah penting. Apalagi menjadi seorang guru haruslah selangkah lebih maju untuk memberikan ilmu kepada semua anak didiknya, agar pendidikan mereka tetap berjalan maksimal. Untuk mengetahui upaya, pelaksanaan, dan dampak positif dalam upaya guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung maka diadakan penelitian ini. Fokus penelitian yang dilakukan peneliti yaitu upaya guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. Adapun pertanyaan penelitian adalah (1) Bagaimana perencanaan upaya guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung?, (2) Bagaimana pelaksanaan upaya guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung?, (3) Bagaimana evaluasi upaya guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian adalah guru kelas di MI Podorejo. Objek penelitian ini adalah upaya guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik di MI Podorejo. Teknik pengumpulan data ada wawancara, observasi, dokumentasi, gabungan/triangulasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data. Diikuti dengan pekerjaan menuliskan, mengedit, mengklasifikasikan, mereduksi dan menyajikan; yang selanjutnya analisis interaktif. Didalam penelitian ini pengecekan kredibilitas data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi, pengecekan anggota, dan diskusi teman sejawat. Dalam penelitian ini, peneliti melalui tahapan-tahapan; tahapan pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, tahapan analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan upaya guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik di MI Podorejo dengan menjalan visi dan misi madrasah, menekankan guru menjadi seorang teladan, pembiasaan kegiatan diluar pembelajaran yang berhubungan dengan pemeblajaran tematik, guru harus memahami strategi-strategi dalam menumbuhkan motivasi belajar siswanya. Pelaksanaan upaya guru dilakukan dengan melakukan pembiasaan yang baik dan dapat dicontoh oleh siswa dan dalam penggunaan media dan metode sesuai materi yang akan disampaikan, , merolling tempat duduk setiap dua minggu sekali, memberikan sebuah angka atau nilai dan tentunya ada penguatan positif (pemberian hadiah dan pujian) dan negatif (hukuman) dalam pelaksanaan upaya guru. Evaluasi upaya guru dalam menumbuhkan motivasi belajar pada pembelajaran tematik sendiri itu memberi pengawasan langsung terhadap siswanya, evaluasi berupa rapat dua minggu sekali dan rapat setiap sebulan sekali dengan melibatkan wali kelas dan orang tua siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan > Motivasi Belajar Pendidikan > Strategi Pembelajaran Pendidikan > Tematik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | ahmad habib fadlli |
Date Deposited: | 15 Jul 2022 06:42 |
Last Modified: | 15 Jul 2022 06:42 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27490 |
Actions (login required)
View Item |