PENGARUH KONSEP DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR DI MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS V DI MI DARUSSALAM WONODADI BLITAR

NURFAUZIYAH, 12205183098 (2022) PENGARUH KONSEP DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR DI MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS V DI MI DARUSSALAM WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER .pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (348kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (535kB)
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (388kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (381kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul "Pengaruh Konsep Diri dan Motivasi Belajar Di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas V Di MI Darussalam Wonodadi Blitar” yang ditulis oleh Nurfauziyah, NIM 12205183098 dibimbing oleh Dr. H. Masduki, M.Ag. Kata kunci: Konsep Diri, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi adanya aktivitas belajar fikih yang mengharuskan peserta didik terlibat secara aktif dalam pembelajaran. Dengan keadaan yang terjadi saat ini pembelajaran beralih menggunakan sistem daring. Tentunya hal demikian diperlukan pengendalian dalam diri siswa agar pembelajaran terlaksana dengan baik. Keberadaan konsep diri dan motivasi belajar dapat meningkatkan kualitas individu siswa sehingga dapat mengatasi hambatan-hambatan belajar. Dengan demikian akan memberikan pengaruh yang positif terhadap hasil belajar siswa. Saat ini, MI Darussalam Wonodadi Blitar juga menerapkan pembelajaran jarak jauh dengan sistem daring melalui media Whatsapp dan e-learning. Adapun yang menjadi rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Adakah Pengaruh Konsep Diri terhadap Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Fikih Kelas V di MI Darussalam Wonodadi Blitar? (2) Adakah Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Fikih Kelas V di MI Darussalam Wonodadi Blitar? (3) Adakah Pengaruh Konsep Diri dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Fikih Kelas V di MI Darussalam Wonodadi Blitar? Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ekspost facto korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MI Darussalam Wonodadi Blitar. Dengan menggunakan purposive sampling, diperoleh sampel yaitu kelas V. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan metode angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) hasil analisis regresi linier berganda pada konsep diri diperoleh nilai t hitung > t tabel atau 3,204 > 2,110 pada taraf signifikan 5%, yang artinya ada pengaruh konsep diri terhadap hasil belajar fikih siswa MI Darussalam Wonodadi Blitar, (2) hasil analisis regresi linier berganda pada motivasi belajar diperoleh nilai t hitung > t tabel atau 2,562 > 2,110 pada taraf signifikan 5%, yang artinya ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar fikih siswa MI Darussalam Wonodadi Blitar, (3) hasil analisis regresi linier berganda diperoleh nilai Fhitung > Ftabel atau 8,474 > 3,590 pada taraf signifikan 5%, yang artinya ada pengaruh konsep diri dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar fikih siswa MI Darussalam Wonodadi Blitar, hasil analisis koefisien diterminasi menunjukkan bahwa r2 = 49,9%, yang artinya besar pengaruh konsep diri dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar fikih siswa MI Darussalam Wonodadi Blitar ialah sebesar 50,1%

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pandemi
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183098 NURFAUZIYAH
Date Deposited: 18 Jul 2022 02:13
Last Modified: 18 Jul 2022 02:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27492

Actions (login required)

View Item View Item