PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MTs KELAS VII MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs Al-MA'ARIF TULUNGAGUNG

UMI FITRIYAH, 12201173117 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MTs KELAS VII MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs Al-MA'ARIF TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (992kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (710kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (519kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (786kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (642kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (570kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (466kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (340kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul ''Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa MTs Kelas VII Mata Pelajaran Fiqih di MTs Al Ma'arif Tulungagung'' ditulis oleh Umi Fitriyah, NIM. 12201173117, Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Tulungagung dengan Pembimbing Dr. Muhammad Zaini, MA Kata Kunci : Model Role Playing, Hasil Belajar, Fiqih Pelajaran fiqih sangatlah penting guna membangun kefahaman dalam melaksanan dan mengamalkan ketentuan hukum Islam dengan baik dan benar, sebagai perwujudan dari ketaatan dalam menjalankan ajaran agama Islam dalam hubungan manusia dengan Allah SWT, dengan diri sendiri, sesama manusia dan makhluk lainnya maupun hubungan dengan lingkungannya. Permasalahan yang sering dijumpai adalah pembelajaran fiqih kurang diperhatikan oleh pendidik. Penggunaan metode ceramah menjadi pilihan utama pendidik untuk menyampaikan materi kepada peserta didik. Namun, metode pembelajaran tersebut juga sering menimbulkan kejenuhan peserta didik, sehingga mereka kurang memperhatikan, akibatnya materi yang disampaikan kurang begitu efektif. Berdasarkan beberapa penelitian yang telah ada, model pembelajaran Role Playing mempunyai daya tarik tersendiri dalam proses pembelajaran. Peneliti akan melakukan penelitian tentang model pembelajaran Role Playing in di MTs Al ma'arif Tulungagung pada subjek kelas VII. Fokus dan pertanyaan pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengaruh model pembelajaran Role Playing terhadap hasil belajar siswa kelas VII ranah kognitif pada mata pelajaran Fiqih di MTs Al Ma'arif Tulungagung (2)Bagaimana pengaruh model pembelajaran Role Playing terhadap hasil belajar siswa kelas VII ranah Psikomotorik pada mata pelajaran Fiqih di MTs Al Ma'arif Tulungagung (3) Bagaimana pengaruh model pembelajaran Role Playing terhadap hasil belajar siswa setelah diterapkannya pada mata pelajaran Fiqih di MTs Al Ma'arif Tulungagung. Tujuan pada penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran Role Playing terhadap hasil belajar siswa kelas VII ranah kognitif pada mata pelajaran Fiqih di Mts Al Ma'arif Tulungagung (2) Untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran Role Playing terhadap hasil belajar siswa kelas VII ranah Psikomotorik pada mata pelajaran Fiqih di Mts Al Ma'arif Tulungagung (3) Untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran Role Playing terhadap hasil belajar siswa setelah diterapkannya pada mata pelajaran Fiqih di Mts Al Ma'arif Tulungagung Penelitian ini menggunakan jenis penelitian ekperimen, adapun jenis eksperimen yang dipilih adalah Quasi Experiment. Penelitian jenis Quasi Experiment digunakan karena pada kenyataan nya sulit mendapatkan kelompokkontrol yang digunakan untuk penelitian. Desain Novequivalent Posttest-Only Control Group Design. Lokasi penelitian bertempat di MTs Al Ma'arif Tulungagung. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran fiqih dan siswa kelas VII MTs Al Ma'arif. Sedangkan sumber data skunder diperoleh melalui hasil tes, observasi, wawancara. Untuk sumber data skunder berupa hasil belajar siswa, data kesiswaan, data guru, struktur organisasi, sarana dan prasarana, dan data yang relevan lainnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah berupa tes. Sedangkatn tahap-tahap analisis data penelitian menggunkan uji homogenitas, uji normalitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa : (1) Hasil uji t-test hasil belajar ranah kognitif, bahwa nilai Sig.(2-tailed) adalah 0,001 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima, (2) Hasil uji t-test hasil belajar ranah psikomotorik, bahwa nilai Sig.(2-tailed) adalah 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. (3) berdasarkan kriteria pengambilan keputusan 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Jadi dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Role Playing terhadap hasil belajar siswa MTs kelas VII mata pelajaran Fiqih di MTs Al Ma'arif Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173117 UMI FITRIYAH
Date Deposited: 15 Jul 2022 08:19
Last Modified: 15 Jul 2022 08:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27506

Actions (login required)

View Item View Item