PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN DENGAN METODE TABARAK DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER RELIGIUS DI FIQRA SCHOOL OF TAHFIDZ KEDIRI

HALIMAH PUTRI HIDAYATI, 12201183470 (2022) PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN DENGAN METODE TABARAK DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER RELIGIUS DI FIQRA SCHOOL OF TAHFIDZ KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (553kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (520kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (463kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (311kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Dengan Metode Tabarak Dalam Menumbuhkan Karakter Raligius di FIQRA School of Tahfidz Kediri” ini ditulis oleh Halimah Putri Hidayati, NIM. 12201183470. Pembimbing Dr. Luluk ‘Atirotu Zahroh, M. Pd. Kata Kunci : Tahfidz Al-Qur’an, Metode Tabarak, Karakter Religius Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh FIQRA School of Tahfidz Kediri ini adalah salah satu sekolah yang menerapkan metode tabarak dalam pembelajaran menghafal Al-Qur’an. Metode tabarak adalah metode menghafal Al Qur’an yang dikembangkan oleh Syekh Kameel el Laboodi. Metode ini sangat cocok diterapkan untuk anak yang ingin menghafal Al-Qur’an apalagi di usia golden age. FIQRA School of Tahfidz memiliki program target untuk menghafal 1 Juz dalam waktu 6 bulan yang dimulai dengan menghafal dari juz 30 seperti target asli dalam metode tabarak. Metode tabarak ini memberikan hasil dan manfaat yaitu membantu anak menghafal Al-Qur’an menjadi lebih mudah dan efektif. Fokus penelitian pada penelitian ini adalah : (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran tahfidz Al-Qur’an dengan metode tabarak di FIQRA School of Tahfidz Kediri?. (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran tahfidz Al-Qur’an dengan metode tabarak di FIQRA School of Tahfidz Kediri?. (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat pembelajaran tahfidz Al-Qur’an dengan metode tabarak di FIQRA School of Tahfidz Kediri?. (4) Bagaimana hasil pembelajaran tahfidz Al-Qur’an dengan metode tabarak dalam menumbuhkan karakter religius di FIQRA School of Tahfidz Kediri? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian ini di FIQRA School of Tahfidz Kediri, Ngadirejo, Kota Kediri. Dengan menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara mendalam (Deep In Interview) dan dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing/ verification). Pengabsahan data menggunakan triangulasi yang terdiri dari triangulasi sumber, triangluasi metode, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Menggunakan metode tabarak, perencanaan pembuatan/penyesuian silabus, kalender pendidikan, tabel hafalan, menyiapkan materi tambahan, menyiapkan media, dan menyiapkan pengajar dan calon siswa. (2) Pelaksanaan diawali doa, murojaah hafalan lama, mendengarkan hafalan baru, setor hafalan baru, minum susu dan makan kurma, belajar materi tambahan, persiapan materi hafalan baru esok hari, asmaul husna dan doa penutup. (3) Faktor pendukung yaitu fasilitas dan silabus lengkap, usia ideal, intensitas dalam murojaah, dan pendampingan orang tua. Faktor penghambat seperti mudah bosan dan mengantuk, kurang tidur, terlambat atau tidak hadir, orang tua tidak konsisten dan tidak hanya belajar menghafal Al-Qur’an saja. (4) Hasil dari sebuah proses pembelajaran tahfidz Al-Qur’an dengan metode tabarak dalam menumbuhkan karakter religius hafal 1 juz untuk setiap levelnya dalam jangka waktu 6 bulan, bisa membaca, menulis, berhitung, hafal asmaul husna dan gerakannya, serta memiliki akhlak religius seperti disiplin, jujur, cinta Allah, dan memiliki sikap sopan santun.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Agama > Al Quran
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183470 HALIMAH PUTRI HIDAYATI
Date Deposited: 15 Jul 2022 07:47
Last Modified: 15 Jul 2022 07:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27517

Actions (login required)

View Item View Item