STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR CALISTUNG PADA KELAS RENDAH DALAM PEMBELAJARAN DARING DI MI HIDAYATUL MUBTADIIN WATES SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

KHOLIFATUL ASMA', 12205183171 (2022) STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR CALISTUNG PADA KELAS RENDAH DALAM PEMBELAJARAN DARING DI MI HIDAYATUL MUBTADIIN WATES SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (885kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (160kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (467kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (153kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Calistung pada Kelas Rendah dalam Pembelajaran Daring di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Kholifatul Asma’, NIM. 12205183171, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Limu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Dr. H. Mochamad Arif Faizin, M.Ag. Kata Kunci: Strategi Guru, Kesulitan Belajar, Calistung, Pembelajaran Daring Fokus Penelitian dalam penulisan skripsi ini meliputi: (1) Bagaimana kesulitan belajar calistung pada kelas rendah dalam pembelajaran daring di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung? (2) Bagaimana strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar calistung pada kelas rendah dalam pembelajaran daring di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung? (3) Apa faktor pendukung dan faktor penghambat strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar calistung pada kelas rendah dalam pembelajaran daring di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kesulitan membaca seperti ada peserta didik yang apabila membaca masih perlu mengeja. Kesulitan menulis seperti peserta didik ada yang masih kesulitan dalam membentuk huruf. Kesulitan berhitung seperti ada peserta didik yang kesulitan dalam menempatkan satuan, puluhan, ratusan hingga ribuan. (2) Strateginya guru menggunakan media pembelajaran dan strategi yang bervariasi, guru memberikan kebebasan untuk bertanya, guru memberikan tugas tambahan, guru memberikan motivasi kepada peserta didik, meminta bantuan orang tua untuk mendampingi. (3) Faktor pendukungnya yaitu adanya fasilitas seperti HP dan peran orang tua. Faktor penghambatnya kendala kuota internet, sinyal dan kesibukan orang tua.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Daring
Pendidikan > Kesulitan Belajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183171 KHOLIFATUL ASMA'
Date Deposited: 15 Jul 2022 07:49
Last Modified: 15 Jul 2022 07:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27527

Actions (login required)

View Item View Item