PENERAPAN PEMBELAJARAN IQRO SEBAGAI KEMAMPUAN DASAR MEMBACA AL-QUR’AN BAGI LANSIA DI MUSHOLLA NURUN’ALANURRIN DESA KARANGAN KABUPATEN TRENGGALEK

ADELLINA OCTAVIA FARICHOH, 12201183462 (2022) PENERAPAN PEMBELAJARAN IQRO SEBAGAI KEMAMPUAN DASAR MEMBACA AL-QUR’AN BAGI LANSIA DI MUSHOLLA NURUN’ALANURRIN DESA KARANGAN KABUPATEN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (791kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (223kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (502kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (129kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Penerapan Pembelajaran Iqro’ Sebagai Kemampuan Dasar Membaca Al-Qur’an Bagi Lansia Di Musholla Nurun’alanurrin Desa Karangan Kabupaten Trenggalek” ini ditulis oleh Adellina Octavia Farichoh, NIM. 12201183462. Pembimbing Dr. Luluk ‘Atirotu Zahroh, M. Pd. Kata Kunci : Pembelajaran Iqro’, Lansia Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh bentuk prihatin atas kejadian buta huruf hijaiyah yang terjadi oleh umat muslim terkhusus untuk para lansia yang ada di Indonesia. Hal ini ditandai dengan adanya perasan gengsi ketika para remaja atau pemuda memulai belajar membaca huruf hijaiyah sehingga berdampak kepada masa tua para kaum muda yang tidak mau belajar membaca huruf hijaiyah. Dalam hal ini penelitian dilakukan di Musholla Nurun’alanurrin Desa Karangan Trenggalek meningat musholla ini satu-satunya yang mengajak dan memotivasi para lansia untuk belajar membaca iqro’ sebagai kemampuan dasar membaca Al-Qur’an. Sehingga nantinya para ansia dapat mengikuti kegiatan membaca iqro’ dengan tujuan untuk mempermudah dan memperlancar kemampuan daam membaca Al-Qur’an. Fokus penelitian pada penelitian ini adalah : (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran iqro’ sebagai kemampuan dasar membaca al-qur’an bagi lansia di Musholla Nurun’alanuriin Desa Karangan Trenggalek?. (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran iqro’ sebagai kemampuan dasar membaca al-qur’an bagi lansia di Musholla Nurun’alanuriin Desa Karangan Trenggalek?. (3) Bagaimana hasil pembelajaran iqro’ sebagai kemampuan dasar membaca alqur’an bagi lansia di Musholla Nurun’alanuriin Desa Karangan Trenggalek? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan menggunakan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian ini di Musholla Nurun’alanurrin Desa Karangan, Kecamatan Karangan, Kabupaten Trenggalek. Dengan menggunakan metode pengumpulan data observasi partisipatif, wawancara semi terstruktur (Semi structure Interview) dan dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing/ verification). Pengabsahan data menggunakan ketekunan pengamat, triangulasi sumber dan triangulasi teknik, dan perpanjangan penelitian. Hasil penelitian menunjukka bahwa : (1) Menggunakan metode iqro’, penyusunan jadwal pembelajaran, penyususnan materi pembelajaran, penyusunan program sampingan, persiapan pelaksanaan, (2) Pelaksanaannya diawali dengan sholat maghrib berjamaah, berkumpul di srambi, membaca doa bersama, membahas sedikit materi hari lalu dan memberikan materi penunjang metode iqro’ sebagai kegiatan tambahan untuk dapat menutupi kekurangan dari metode iqro’, (3) Hasil dari sebuah proses pembelajaran iqro sebagai kemampuan dasar membaca Al-Qur’an itu sendiri yaitu dapat dilihat dengan beberapa evaluasi melalui pengukuran dan penilaian secara teratur

Item Type: Skripsi
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Masyarakat Islam
Pendidikan > Pembelajaran
Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183462 ADELLINA OCTAVIA FARICHOH
Date Deposited: 15 Jul 2022 07:28
Last Modified: 15 Jul 2022 07:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27533

Actions (login required)

View Item View Item