PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS VII MTsN 6 BLITAR

WISNU JANNATA, 12208183117 (2022) PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS VII MTsN 6 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (873kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (577kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (177kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (258kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (369kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (107kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh dijumpainya peserta didik yang merasa bosan dalam kegiatan pembelajaran di kelas, ditambah dengan adanya guru yang masih menggunakan metode ceramah dalam proses pembelajaran yang membuat peserta didik kurang minat dalam belajar dan hasil belajar yang masih tergolong rendah pada pelajaran IPA biologi. Minat merupakan gairah atau keinginan yang timbul dari dalam diri seseorang untuk melakukan sesuatu, dalam belajar minat memiliki peranan penting dalam membangun semangat belajar yang berdampak terhadap meningkatnya hasil belajar, dengan minat belajar pada peserta didik hasil belajar juga dapat meningkat dan tujuan pembelajaran dapat dicapai secara maksimal. Dengan demikian peneliti mencoba menggunakan tambahan media berupa video pembelajaran dalam proses pembelajarannya, dengan penggunaan video pembelajaran ini diharapkan dapat menarik minat peserta didik dan hasil belajar pun ikut meningkat. Dalam penelitian ini, peneliti bermaksud untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VII MTsN 6 Blitar. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1) Apakah ada Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan terhadap Minat Belajar IPA Peserta Didik Kelas VII MTsN 6 Blitar 2) Apakah ada Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VII MTsN 6 Blitar 3) Apakah ada Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VII MTsN 6 Blitar. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Mengetahui Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan terhadap Minat Belajar IPA Peserta Didik Kelas VII MTsN 6 Blitar 2) Mengetahui Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VII MTsN 6 Blitar 3) Mengetahui Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VII MTsN 6 Blitar. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen Quasi Experimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas 7 MTsN 6 Blitar tahun ajaran 2020/2021 dengan mengambil subyek 2 kelas yaitu kelas 7.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas 7.2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa metode tes dan angket. Analisis data yang digunakan adalah uji t dan uji manova. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa 1) Ada Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan terhadap Minat Belajar IPA Peserta Didik Kelas VII MTsN 6 Blitar dengan nilai sig 0,000 < 0,05 dan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 60,00, sedangkan hasil dari kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata sebesar 51,40. 2) Ada Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VII MTsN 6 Blitar dengan nilai sig 0,000 < 0,05 dan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 74,00, sedangkan hasil dari kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata sebesar 53,00. 3) Ada Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan terhadap Minat dan Belajar IPA Peserta Didik Kelas VII MTsN 6 Blitar dengan hasil nilai signfikansi sebesar 0,000 dengan nilai sig. 0,000 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi > Lingkungan
Pendidikan
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 12208183117 Wisnu Jannata
Date Deposited: 01 Aug 2022 02:58
Last Modified: 01 Aug 2022 02:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27555

Actions (login required)

View Item View Item