STRATEGI GURU DALAM MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK KELAS V PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SDI MIFTAHUL HUDA KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

HESTI NUR ARIFAH, 12205183073 (2022) STRATEGI GURU DALAM MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK KELAS V PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SDI MIFTAHUL HUDA KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (569kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (381kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (394kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (443kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru Menggunakan Media Gambar Untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta didik Kelas V pada Pembelajaran Tematik di SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung” ini ditulis oleh Hesti Nur Arifah, NIM. 122051830703, Pembimbing H.Muh.Nurul Huda, MA. Kata Kunci : Strategi Guru, Media Gambar, Meningkatkan Pemahaman Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya media pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman peserta didik di SDI Mifathul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung karena setiap guru pasti memiliki cara atau strategi pembelajaran bertujuan untuk memperoleh keberhasilan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Guru meggunakan strategi dalam pembelajaran yang bertujuan untuk menarik perhatian peserta didik salah satunya dengan menggunakan media pembelajaran. Sehingga guru memerlukan media yang efektif dan efisien saat melakukan proses belajar mengajar. Media gambar merupakan salah satu media pembelajaran yang sangat relevan untuk menarik perhatian peserta didik, karena media gambar yang bersifat kongkrit sehingga mudah dipahami untuk jenjang sekolah dasar. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Strategi Guru dalam Menggunakan Media Gambar berdasarkan fungsi Atensi untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Kelas V pada Pembelajaran Tematik di SDI Miftahul Huda Kedungwaru Tulungagung? (2) Bagaimana Strategi Guru dalam Menggunakan Media Gambar berdasarkan fungsi Afektif untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Kelas V pada Pembelajaran Tematik di SDI Miftahul Huda Kedungwaru Tulungagung? (3) Bagaimana Strategi Guru dalam Menggunakan Media Gambar berdasarkan fungsi kognitif untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Kelas V pada Pembelajaran Tematik di SDI Miftahul Huda Kedungwaru Tulungagung? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Penggumpulan data di lakukan melalui observasi,wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wali Kelas 5A, Wali Kelas 5B, dan salah satu peserta didik di SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Guru SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru dengan berbagai cara atau strategi untuk meningkatkan pemahaman peserta didik salah satunya dengan menggunakan media pembelajaran. Dengan tujuan mampu menarik perhatian mereka sehingga menumbuhkan semangat belajar (2) Guru SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru menggunakan berbagai cara untuk menciptakan emosi positif dari peserta didik dengan cara menggunakan metode tanya jawab dan menggunakan media gambar sehingga siswa dapat merespon dengan baik dan membuat peserta didik menjadi lebih aktif (3) Guru di SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru menggunakan fungsi kognitif dalam media pembelajaran ini dengan tujuan dapat meningkatkan pemahaman peserta didik melalui media gambar yang bersifat kongkrit atau nyata dan mempermudah guru dalam menyapaikan materi pembelajaran

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183073 HESTI NUR ARIFAH
Date Deposited: 15 Jul 2022 06:59
Last Modified: 15 Jul 2022 06:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27560

Actions (login required)

View Item View Item