PENGARUH LINGKUNGAN TEMPAT TINGGAL DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD ALAM MUTIARA UMAT PANGGUNGREJO TULUNGAGUNG PADA MASA PANDEMI COVID-19

RAHAYU WILUJENG, 12205183331 (2022) PENGARUH LINGKUNGAN TEMPAT TINGGAL DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD ALAM MUTIARA UMAT PANGGUNGREJO TULUNGAGUNG PADA MASA PANDEMI COVID-19. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (201kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (173kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (50kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (18kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Lingkungan Tempat Tinggal dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD Alam Mutiara Umat Panggungrejo Tulungagung pada Masa Pandemi COVID-19” ini ditulis oleh Rahayu Wilujeng, NIM 12205183331, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing oleh Lailatuzz Zuhriyah, M. Fil. I Kata kunci: Lingkungan Tempat Tinggal, Fasilitas Belajar, Prestasi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang mendukungnya lingkungan dan fasilitas yang dimilikinya, apalagi di saat tingginya kasus COVID-19 yang mengharuskan kegiatan menjadi dilakukan di rumah. Terganggunya konsentrasi belajar saat di rumah karena diganggu oleh anggota keluarga, suasana yang tidak nyaman dan fasilitas yang dimiliki di rumah kurang memadai seperti handphone bahkan buku materi. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh secara signifikan lingkungan tempat tinggal terhadap prestasi belajar siswa SD Alam Mutiara Umat Panggungrejo pada masa pandemi COVID-19? (2) Adakah pengaruh secara signifikan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa SD Alam Mutiara Umat Panggungrejo pada masa pandemi COVID-19? (3) Adakah pengaruh secara signifikan lingkungan tempat tinggal dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa SD Alam Mutiara Umat Panggungrejo pada masa pandemi COVID-19? Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Penelitian ini dilakukan dilakukan di SD Alam Mutiara Umat Panggungrejo Tulungagung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Alam Mutiara Umat Panggungrejo Tulungagung. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Alam Mutiara Umat Panggungrejo Tulungagung yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik penyebaran angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji f, koefisien determinasi yang didahului dengan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh lingkungan tempat tinggal terhadap prestasi belajar secara signifikan. Hal ini berdasarkan uji t diketahui bahwa thitung > ttabel yaitu 2,828 > 2,052 dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,009 < 0,05, dengan koefisien regresi sebesar 1,151. (2) Terdapat pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar secara signifikan. Hal ini berdasarkan uji t diketahui bahwa thitung > ttabel yaitu 2,114 > 2,052 dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,044 < 0,05, dengan koefisien regresi sebesar 1,042. (3) Terdapat pengaruh lingkungan tempat tinggal dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar secara signifikan. Hal ini berdasarkan uji f diketahui bahwa fhitung > ftabel yaitu 7,877 > 3,35 dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,002 < 0,05, dengan koefisien determinasi sebesar 0,394 yang menunjukkan bahwa besarnya pengaruh lingkungan tempat tinggal dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 39,4% sedangkan sisanya 60,6% dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Skripsi
Subjects: Covid-19
Pendidikan > Fasilitas Belajar
Pendidikan
Pendidikan > Prestasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183331 Rahayu Wilujeng
Date Deposited: 21 Jul 2022 04:37
Last Modified: 21 Jul 2022 04:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27565

Actions (login required)

View Item View Item