IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MENGGUNAKAN METODE PEMBIASAAN DI MI HARAPAN BANGSA KOTA BLITAR

IKA PRATIWI HARI ASTUTI, 12205183182 (2022) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MENGGUNAKAN METODE PEMBIASAAN DI MI HARAPAN BANGSA KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (415kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (641kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (623kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (910kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (518kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (559kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (589kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (618kB) | Preview

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini dilihat dari fenomena yang banyak terjadi sekarang ini. Fenomena tersebut berupa karakter yang sudah mulai memudar pada generasi penerus bangsa. Indonesia memiliki dasar negara yakni Pancasila. Dalam menanamkan karakter pada generasi penerus bangsa ini tidak semudah membalikkan telapak tangan, maka diperlukan metode pembiasaan. Sehubung dengan hal tersebut maka MI Harapan Bangsa menanamkan karakter menggunakan metode pembiasaan agar memperoleh hasil yang maksimal. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses implementasi metode pembiasaan dalam membentuk karakter peserta didik di MI Harapan Bangsa Kota Blitar? (2) Bagaimana kesulitan guru dalam proses implementasi metode pembiasaan dalam membentuk karakter peserta didik di MI Harapan Bangsa Kota Blitar? (3) Bagaimana solusi guru dalam menghadapi kesulitan implementasi metode pembiasaan dalam membentuk karakter peserta didik di MI Harapan Bangsa Kota Blitar?. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan datanya berupa wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan peningkatan ketekunan, triangulasi, dan menggunakan bahan referensi. Hasil dari penelitian ini adalah (1) adanya kegiatan pembiasaan pagi seperti upacara bendera, senam pagi, istighosah, hafalan surah-surah pendek, yasin dan tahlil, sholat dhuha. Kemudian adanya kegiatan pembiasaan sikap seperti tolong menolong, merawat tanaman, kegiatan ekstrakurikuler, kerja bakti, saling menyayangi dan memaafkan, bertanggung jawab , mengambil keputusan dengan musyawarah atau voting. (2) kesulitannya antara lain dari dari dalam diri individu sendiri, latar belakang siswa dari orang tua dan lingkungan yang berbeda-beda, kurangnya kerjasama dan komunikasi, kebiasaan individu. (3) solusinya dengan guru memiliki sikap sabar dan telaten, kemudian menjalin kerjasama dan komunikasi yang baik, memahami karakteristik individu, menerapkan metode pembiasaan secara penuh, memberikan motivasi, semangat dan apresiasi, dan melakukan pembinaan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Pembiasaan
Pendidikan Islam
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183182 IKA PRATIWI HARI ASTUTI
Date Deposited: 15 Jul 2022 06:43
Last Modified: 15 Jul 2022 06:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27569

Actions (login required)

View Item View Item