PROBLEMATIKA GURU BAHASA INDONESIA DALAM PEMBELAJARAN DARING MATERI DRAMA KELAS VIII MTS SYAMSUL HUDA KAYEN KIDUL KEDIRI

M. KHABIB BAIHAQI ABDULLOH, 12210173075 (2021) PROBLEMATIKA GURU BAHASA INDONESIA DALAM PEMBELAJARAN DARING MATERI DRAMA KELAS VIII MTS SYAMSUL HUDA KAYEN KIDUL KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (98kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (51kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Problematika Guru Bahasa Indonesia dalam Pembelajaran Daring Materi Drama Kelas VIII MTs Syamsul Huda Kayen Kidul Kediri” ini ditulis oleh M. Khabib Baihaqi Abdulloh, NIM. 12210173075, pembimbing Dra. Siti Zumrotul Maulida, M. Pd.I. Kata Kunci: Problematika Guru, Pembelajaran Daring, Drama Munculnya virus Covid-19 berdampak besar pada kehidupan manusia.Salah satu aspek kehidupan yang terdampak virus tersebut adalah asapek pendidikan. Dalam rangka memutus rantai penyebaran virus Covid-19 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan surat keputusan terkait sistem pembelajaran yang baru. Pembelajaran yang semula dilakukan dengan tatap muka harus dilakukan dengan model daring (dalam jaringan). Dalam pembelajaran daring terdapat problematika yang dialami oleh guru bahasa Indonesia khususnya pembelajaran drama. Peneliti melakukan penelitian di MTs Syamsul Huda Kayen Kidul Kediri karena sekolah tersebut menerapkan pembelajaran daring dan guru bahasa Indonesia mengalami problematika pembelajran ketika menerapkan model pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dokumentasi. Teknik wawancara dilakukan untuk mendapatkan informasi yang valid terkait problematika yang dialami guru bahasa Indonesia dalam pembelajaran daring pada materi drama. Teknik observasi dan dokumentasi digunakan oleh peneliti untuk mengamati kegiatan pembelajaran daring dan melengkapi data. Fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu problematika yang dialami guru bahasa Indonesia dalam pembelajaran daring khususnya materi drama. Pertanyaan penelitian berdasarkan fokus penelitian tersebut yaitu: 1) apa saja bentuk problematika guru bahasa Indonesia dalam pembelajaran daring pada materi drama kelas VIII di MTs Syamsul Huda Kayen Kidul Kediri?, 2) Bagaimanakah penyelesaian pada problematika guru bahasa Indonesia dalam pembelajaran daring pada materi drama kelas VIII di MTs Syamsul Huda Kayen Kidul Kediri? Hasil penelitian ini merupakan bentuk problematika guru bahasa Indonesia dalam pembelajaran daring pada materi drama. Problematika yang dialami guru bahasa Indonesia: 1) guru lebih terbatas dalam menyampaikan materi pebelajaran drama saat pembelajaran daring, 2) peserta didik kurang Aktif dalam mengikuti pembelajaran daring, 3) guru tidak bisa membimbing dan mengawasi peserta didik secara langsung, 4) kondisi sinyal yang kurang stabil dan kebutuhan kuota internet lebih banyak, dan membeli kuota internet untuk kebutuhan pembelajaran daring, dan 5) kemurnian hasil pekerjaan peserta didik tidak terjamin. Berdasarkan problematika yang dialami guru bahasa Indonesia upaya penyelesaian masalah yang dilakukan guru bahasa Indonesia sebagai berikut: 1) guru menegur peserta didik dengan menghubungi peserta didik secara langsung menggunakan aplikasi WhatsApp, 2) guru memberi tahu orang tua terkait perkembangan belajar peserta didik, dan 3) guru mengadakan pertemuan dua minggu sekali dengan peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Pendidikan > Daring
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Mahasiswa 12210173075 M. Khabib Baihaqi Abdulloh
Date Deposited: 19 Jul 2022 07:04
Last Modified: 19 Jul 2022 07:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27570

Actions (login required)

View Item View Item