FATICHA PUTRI NURRONA, 12205183299 (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 3 DI MI ROUDLOTUL ULUM JABALSARI. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (943kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (332kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (316kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (454kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (506kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (617kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (786kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (439kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (202kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (316kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa penerapan model pembelajaran yang diterapkan di kelas masih monoton dengan model konvensional. Dalam pembelajaran tematik sendiri, peserta didik dituntut untuk aktif dalam pembelajaran dan guru hanya sebagai fasilitator. Dari persepsi tersebut banyak dampak negatif yang timbul, diantaranya rendahnya minat belajar dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik. Dalam hal ini peneliti ingin mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara penerapan model pembelajaran Numbered Head Together dalam pembelajaran tematik terhadap minat dan hasil belajar peserta didik kelas 3 di MI Roudlotul Ulum Jabalsari. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran NHT dalam pembelajaran tematik terhadap minat belajar peserta didik kelas 3 di MI Roudlotul Ulum Jabalsari. (2) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran NHTdalam pembelajaran tematik terhadap hasil belajar peserta didik kelas 3 di MI Roudlotul Ulum Jabalsari. (3) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran NHT dalam pembelajaran tematik terhadap minat dan hasil belajar peserta didik kelas 3 di MI Roudlotul Ulum Jabalsari. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-eksperimen dengan desain one group pre test and post test. Teknik sampel menggunakan random sampling dengan sampel kelas 3-A. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas 3 MI Roudlotul Ulum Jabalsari. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji T-test dan uji MANOVA. Berdasarkan penelitian Menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh antara penerapan model pembelajaran NHT dalam pembelajaran tematik terhadap minat belajar dengan diperoleh hasil nilai signifikansi 0,000 > 0,05 maka H0 ditolak. (2) Ada pengaruh antara penerapan model pembelajaran NHT dalam pembelajaran tematik terhadap hasil belajar dengan diperoleh hasil signifikansi 0,000 > 0,05 maka H0 ditolak. (3) Ada pengaruh antara penerapan model pembelajaran NHT dalam pembelajaran tematik terhadap minat dan hasil belajar peserta didik kelas 3 dengan diperoleh hasil nilai 0,000 > 0,05 maka H0 ditolak.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Minat Belajar Pendidikan Islam Pendidikan > Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183299 FATICHA PUTRI NURRONA |
Date Deposited: | 15 Jul 2022 06:46 |
Last Modified: | 15 Jul 2022 06:46 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27571 |
Actions (login required)
View Item |