PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 3 DI MI ROUDLOTUL ULUM JABALSARI

FATICHA PUTRI NURRONA, 12205183299 (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 3 DI MI ROUDLOTUL ULUM JABALSARI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (943kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (454kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (506kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (617kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (786kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (439kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (316kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa penerapan model pembelajaran yang diterapkan di kelas masih monoton dengan model konvensional. Dalam pembelajaran tematik sendiri, peserta didik dituntut untuk aktif dalam pembelajaran dan guru hanya sebagai fasilitator. Dari persepsi tersebut banyak dampak negatif yang timbul, diantaranya rendahnya minat belajar dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik. Dalam hal ini peneliti ingin mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara penerapan model pembelajaran Numbered Head Together dalam pembelajaran tematik terhadap minat dan hasil belajar peserta didik kelas 3 di MI Roudlotul Ulum Jabalsari. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran NHT dalam pembelajaran tematik terhadap minat belajar peserta didik kelas 3 di MI Roudlotul Ulum Jabalsari. (2) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran NHTdalam pembelajaran tematik terhadap hasil belajar peserta didik kelas 3 di MI Roudlotul Ulum Jabalsari. (3) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran NHT dalam pembelajaran tematik terhadap minat dan hasil belajar peserta didik kelas 3 di MI Roudlotul Ulum Jabalsari. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-eksperimen dengan desain one group pre test and post test. Teknik sampel menggunakan random sampling dengan sampel kelas 3-A. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas 3 MI Roudlotul Ulum Jabalsari. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji T-test dan uji MANOVA. Berdasarkan penelitian Menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh antara penerapan model pembelajaran NHT dalam pembelajaran tematik terhadap minat belajar dengan diperoleh hasil nilai signifikansi 0,000 > 0,05 maka H0 ditolak. (2) Ada pengaruh antara penerapan model pembelajaran NHT dalam pembelajaran tematik terhadap hasil belajar dengan diperoleh hasil signifikansi 0,000 > 0,05 maka H0 ditolak. (3) Ada pengaruh antara penerapan model pembelajaran NHT dalam pembelajaran tematik terhadap minat dan hasil belajar peserta didik kelas 3 dengan diperoleh hasil nilai 0,000 > 0,05 maka H0 ditolak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Minat Belajar
Pendidikan Islam
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183299 FATICHA PUTRI NURRONA
Date Deposited: 15 Jul 2022 06:46
Last Modified: 15 Jul 2022 06:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27571

Actions (login required)

View Item View Item