INTERNALISASI TA’LIM MUTA’ALLIM SYEKH AL-ZARNUJI DALAM MENGEMBANGKAN KEPRIBADIAN PESERTA DIDIK KELAS XI MADRASAH ALIYAH SYEKH SUBAKIR NGLEGOK BLITAR

EKO PRASETYO BUDI, 12201183431 (2022) INTERNALISASI TA’LIM MUTA’ALLIM SYEKH AL-ZARNUJI DALAM MENGEMBANGKAN KEPRIBADIAN PESERTA DIDIK KELAS XI MADRASAH ALIYAH SYEKH SUBAKIR NGLEGOK BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul "Internalisasi Kitab Ta'lim Muta'allim Dalam Mengembangkan Kepribadian Siswa Kelas XI MA Syekh Subakir Nglegok Blitar" ditulis oleh Eko Prasetyo Budi, Nim 12201183431, pembimbing Dr. H. Asrop Safi'i M.Ag. Konteks penelitian ini menitikberatkan pada pentingnya pengembangan kepribadian peserta didik. Pengajaran tentang kandungan kitab Ta'lim Muta'allim sangat fardhu kifayah untuk dipelajari bagi peserta didik, Kitab Ta'lim Muta'allim adalah kitab yang berisi tentang akhlak sebagai seorang peserta didik, MA Syekh Subakir Nglegok Blitar dalam penerapan pembelajaran kitab Ta'lim Muta'allim menggunakan metode yang disebut dengan internalisasi, dalam rangka meningkatkan kepribadian peserta didik sekaligus meningkatkan kompetensi yang dimilikinya. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) bagaimana desain perencanaan internalisasi kitab Ta'lim Muta'allim dalam mengembangkan kepribadian peserta didik kelas XI di MA Syekh Subakir Nglegok Blitar (2) Bagaimana proses pelaksanaan internalisasi Ta’lim Muta’allim dalam mengembangkan kepribadian peserta didik kelas XI MA Syekh Subakir Nglegok Blitar (3)Bagaimana evaluasi dari proses internalisasi Ta’lim Muta’allim dalam mengembangkan kepribadian peserta didik kelas XI MA Syekh Subakir Nglegok Blitar. Dalam penelitian ini, menggunakan metode penelitian kualitatif. Adapun instrumen yang digunakan antara lain, observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara digunakan untuk menggali informasi yang berkaitan dengan sejarah berdirinya MA Syekh Subakir Nglegok Blitar, tujuan didirikannya MA Syekh Subakir Nglegok Blitar sekaligus latar belakang penggunaan metode internalisasi. Dokumentasi digunakan untuk menggali informasi tentang jumlah pengajar, jumlah santri dan jumlah sarana dan prasarana yang ada di MA Syekh Subakir Nglegok Blitar. Sedangkan observasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang penerapan metode internalisasi di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode internalisasi kitab Ta'lim Muta'allim dalam mengembangkan kepribadian peserta didik terbagi menjadi tiga bagian. 1) Desain perencanaan yang baik akan membantu tercapainya kegiatan pembelajaran, desain perencanaan juga disesuaikan dengan model konseptual yang dipakai oleh sekolah berdasarkan standar kualifikasi. 2) dalam penerapan pembelajaran terdapat pendekatan klasikal yang sengaja dibuat untuk membantu santri agar lebih lancar dalam membaca dan memahami kitab Ta'lim Muta'allim sedangkan dalam pendekatan baca simak hal ini berfungsi sebagai alat pengajar sebagai acuan untuk memberikan pengawasan dan penilaian terkait dengan perkembangan kepribadian siswa setelah mendapatkan materi selama proses pembelajaran. 3) evaluasi pembelajaran yang dilakukan dibagi menjadi beberapa bagian yaitu pre test yang digunakan di awal pembelajaran, evaluasi harian yang dilakukan oleh guru pembimbing untuk mengukur ketercapaian dalam tiap pertemuan dan evaluasi yang terakhir dilakukan di akhir semester untuk menentukan kelayakan siswa untuk naik ke kitab berikutnya atau mengulang. Kata Kunci : Internalisasi, Ta’lim Muta’allim, Kepribadian

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan
Pendidikan Islam
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 12201183431 EKO PRASETYO BUDI
Date Deposited: 18 Jul 2022 03:50
Last Modified: 18 Jul 2022 03:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27572

Actions (login required)

View Item View Item