ERIKA ISBAKHUL KHOIRIAH, 12201183153 (2022) PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTS NEGERI 5 KEDIRI. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (265kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (151kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (380kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (344kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (110kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (942kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (244kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (152kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (218kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Kelas VII MTs Negeri 5 Kediri” ini ditulis oleh Erika Isbakhul Khoiriah, NIM. 12201183153, Pembimbing Bapak Hasanal Khuluqi, S.Ud, M.Ag., Kata Kunci: Karakter Religius, Kegiatan Keagamaan Penelitian dalam skripsi ini di latar belakangi oleh realita yang terjadi saat ini khususnya pada dunia pendidikan adalah adanya dekadensi moral atau kemerosotan moral di kalangan remaja di tengah-tengah masyarakat maupun di lingkungan pemerintah yang semakin meningkat dan beragam. Guru di dalam dunia pendidikan diharapkan mampu bertugas memberikan pengetahuan, sikap dan nilai, dan keterampilan kepada anak didik agar mereka tetap memiliki karakter yang baik. Guru juga berusaha menjadi pembimbing yang baik dan arif dan bijaksana sehingga tercipta hubungan dua arah yang harmonis antara guru dan peserta didik. Kemudian mata pelajaran yang banyak memuat materi mengenai pembentukan karakter dan akhlak yang baik adalah termuat pada materi Akidah Akhlak. maka penulis tertarik untuk mengangkat judul “Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Kelas VII MTs Negeri 5 Kediri”. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana Peran Guru Akidah Akhlak Sebagai Supervisor Dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Kelas VII di MTs Negeri 5 Kediri? (2) Bagaimana Peran Guru Akidah Akhlak Sebagai Motivator Dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Kelas VII di MTs Negeri 5 Kediri? (3) Bagaimana Peran Guru Akidah Akhlak Sebagai Transmitor Dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Kelas VII di MTs Negeri 5 Kediri? (4) Bagaimana Implikasi Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Kelas VII di MTs Negeri 5 Kediri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Kelas VII adalah sebagai berikut : 1) Peran guru sebagai Supervisor : Mendampingi dan ikut perpartisipasi langsung dalam kegiatan keagamaan. 2) Peran guru sebagai motivator : Menjelaskan materi Akidah Akhlak melalui metode ceramah, di dalam metode ceramah memuat wejangan, nasehat, dan arahan, sehingga dinilai efektif bagi peserta didik untuk lebih cepat memahami materi. Memberikan motivasi, nasihat, dan dorongan kepada peserta didik melalui ceramah yang dilaksanakan pada kegiatan keagamaan. 3) Peran guru sebagai transmitor : Menanamkan nilai-nilai positif atau nilai-nilai religius kepada peserta didik melalui kegiatan keagamaan, juga melalui Tindakan guru itu sendiri yang kemudian dijadikan tauladan bagi peserta didiknya. Implikasi peran guru Akidah Akhlak dalam membentuk karakter religius berkaitan dengan kedisiplinan, tanggung jawab, dan sopan santun (rasa hormat). Hal tersebut diwujudkan melalui beberapa kegiatan keagamaan yang telah dilaksanakan di MTs N 5 Kediri ini, seperti Tadarus Al-Qur’an sebelum pelajaran dimulai, sholat dhuha dan sholat dhuhur berjamaah tepat waktu.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201183153 ERIKA ISBAKHUL KHOIRIAH |
Date Deposited: | 19 Jul 2022 02:44 |
Last Modified: | 19 Jul 2022 02:44 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27583 |
Actions (login required)
View Item |