PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TEAM QUIZ DAN BRAINSTORMING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS IV MIN 9 BLITAR

DILLA ALFI FATIHA, 12205183178 (2022) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TEAM QUIZ DAN BRAINSTORMING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS IV MIN 9 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (190kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (177kB) | Preview

Abstract

Latar belakang dari skripsi ini yaitu Peneliti ingin meneliti hasil belajar siswa setelah pembelajaran menggunakan metode metode team quiz dan brainstorming karena metode ini digunakan untuk membangkitkan interaksi secara dua arah guna mewujudkan hasil belajar yang lebih maksimal. Masa transisi dari pembelajaran daring ke PTM terbatas inilah yang menyebabkan pendidik harus berpikir dua kali dalam menggunakan metode pembelajaran untuk mengembalikan semangat belajar peserta didik setelah berbagai problematika pembelajaran daring dijalankan. Sehingga untuk memaksimalkan hasil belajar yang lebih baik, perlu inovasi metode pembelajaran dalam program PTM terbatas. Skripsi ini memiliki beberapa rumusan masalah yaitu: 1) Adakah pengaruh metode pembelajaran team quiz terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas IV MIN 9 Blitar? 2) Adakah pengaruh metode pembelajaran brainstorming terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas IV MIN 9 Blitar? 3) Adakah pengaruh metode pembelajaran team quiz dan brainstorming secara bersama-sama terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas IV MIN 9 Blitar? Pendekatan yang digunakan oleh peneliti dalam skripsi ini adalah kuantitatif dengan menggunakan jenis Quasi Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV di MIN 9 Blitar tahun ajaran 2021-2022 yang berjumlah 166 orang. Teknik penelitian ini, menggunakan purposive sampling. Jadi penelitian ini, penentuan sampelnya dipilih berdasarkan pertimbangan kepala sekolah dan guru dengan 3 kelas menjadi sampel penelitian dan masing-masing kelas terdiri dari 33 peserta didik. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran team quiz dan brainstorming terhadap hasil belajar akidah akhlak peserta didik kelas IV di MIN 9 Blitar. Pengaruh dibuktikan dengan hasil nilai Sig Uji One Way Anova sebesar 0,006 < 0,05 yang diartikan terdapat pengaruh positif dari penggunaan metode team quiz dan brainstorming. (1) Ada pengaruh metode pembelajaran team quiz terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas IV MIN 9 Blitar. Hal tersebut berdasarkan hasil uji Post Hoc metode pembelajaran team quiz didapatkan nilai Sig. 0,007 < 0,05 yang berarti Hₐ diterima. (2) Ada pengaruh metode pembelajaran brainstorming terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak kelas IV MIN 9 Blitar. Hal tersebut berdasarkan hasil uji Post Hoc metode pembelajaran brainstrorming didaptatkan nilai Sig. 0,038 < 0,05 yang berarti Hₐ diterima. (3) Ada pengaruh metode team quiz dan brainstorming secara bersama-sama terhadap hasil belajar pada mata pelajaran akidah akhlak kelas IV MIN 9 Blitar. Hal tersebut berdasarkan hasil uji Post Hoc metode team quiz dan brainstorming yaitu 0,808 > 0,05. Dengan demikian dapat diartikan terdapat pengaruh bersama-sama antara metode pembelajaran team quiz dan brainstorming terhadap hasil belajar pada mata pelajaran akidah akhlak kelas IV MIN 9 Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183178 DILLA ALFI FATIHA
Date Deposited: 18 Jul 2022 04:16
Last Modified: 18 Jul 2022 04:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27584

Actions (login required)

View Item View Item