PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI MIN 4 TULUNGAGUNG

SARI WAHYU NINGTYAS, 12205183284 (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI MIN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (433kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (601kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (873kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (129kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Sari Wahyu Ningtyas, 12205183284, Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV di MIN 4 Tulungagung. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Ali Amirul Mu’minin, M. Pd. Kata Kunci : Model Pembelajaran TGT, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa. Sebagian besar siswa menganggap matematika adalah pelajaran yang sulit karena identik dengan menghafal rumus, membutuhkan ketajaman dalam berpikir, kecermatan dalam mengerjakan soal, dan rajin mencoba soal-soal latihan. Selain itu penggunaan model pembelajaran yang diterapkan di kelas masih bersifat konvensional sehingga siswa menjadi pasif dan pembelajaran menjadi kurang menarik. Salah satu cara agar siswa tertarik mengikuti pembelajaran matematika adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang mampu meningkatkan minat siswa agar dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Berdasarkan beberapa teori model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dapat mempengaruhi motivasi dan hasil belajar siswa. Tujuan dalam penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV di MIN 4 Tulungagung. (2) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV di MIN 4 Tulungagung. (3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV di MIN 4 Tulungagung. Metode penelitiannya menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV MIN 4 Tulungagung dan sampel yang diambil ada dua kelas yaitu kelas IV-A dengan jumlah siswa 22 sebagai kelas kontrol dan kelas IV-B dengan jumlah siswa 20 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket dan tes. Angket dan tes digunakan untuk memperoleh data tentang motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika yang diberikan perlakuan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dan menggunakan model konvensional. Dalam prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji Mann-Whitney dan uji Friedman. Dari analisis disimpulkan bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap motivasi belajar matematika dengan nilai Asymp.sig 0,033 < 0,05 maka ditolak dan diterima. (2) ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar matematika dengan nilai Asymp.sig 0,000 < 0,05 maka ditolak dan diterima. (3) ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap motivasi dan hasil belajar matematika dengan nilai Asymp.sig 0,000 < 0,05 maka ditolak dan diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: SARI WAHYU 12205183284 NINGTYAS
Date Deposited: 18 Jul 2022 04:18
Last Modified: 18 Jul 2022 04:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27591

Actions (login required)

View Item View Item