DEA ARISKA, 12207183014 (2022) MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA UNTUK MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SMKN 1 UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (264kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (136kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (209kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (412kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (252kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (304kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (134kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (136kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Manajemen Sarana dan Prasarana untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SMKN 1 Udanawu Blitar” di tulis oleh Dea Ariska, NIM. 12207183014, pembimbing Dr. Hj. Indah Komsiyah, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci: Manajemen Sarana dan Prasarana, Mutu Pembelajaran Ketersediaan sarana dan prasarana menjadi salah satu syarat menyajikan pembelajaran yang berkualitas. Sekolah menengah kejuruan utamanya, karena sebagian besar kegiatan pembelajaran adalah praktikum, maka sarana dan prasarana sangat dibutuhkan sebagai media dalam penyampaian materi sekaligus praktek untuk memastikan pemahaman peserta didik. Dalam hal ini, pengelolaan sarana dan prasarana sangat diperlukan agar dapat dimanfaatkan dalam jangka waktu yang lama demi tercapainya tujuan pembelajaran. Penelitian dilakukan di SMKN 1 Udanawu Blitar, sekolah tersebut dikenal memiliki lahan yang cukup luas serta sarana dan prasarana lain yang cukup memadai. Selain itu, sekolah terus melakukan upaya pembangunan untuk memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana Perencanaan Sarana dan Prasarana untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SMKN 1 Udanawu Blitar?, (2) Bagaimana Pengadaan Sarana dan Prasarana untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SMKN 1 Udanawu Blitar?, (3) Bagaimana Pengaturan Sarana dan Prasarana untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SMKN 1 Udanawu Blitar?, (4) Bagaimana Penggunaan Sarana dan Prasarana untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SMKN 1 Udanawu Blitar?, (5) Bagaimana Penghapusan Sarana dan Prasarana untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SMKN 1 Udanawu Blitar?. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan (field research). Subyek penelitian antara lain kepala sekolah, waka sarana dan prasarana, guru, dan peserta didik. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan langkah redukasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) perencanaan sarana dan prasarana dilakukan setiap awal tahun ajaran baru. Kegiatan perencanaan dilakukan melalui musyawarah dan ditetapkan pada RKAS, (2) pengadaan sarana dan prasarana sesuai dengan perencanaan yang telah disepakati melalui proses pemesanan, pengiriman, dan pelaporan, (3) pengaturan sarana dan prasarana dimulai dari inventarisasi yang telah sesuai dengan format yang disediakan pada aplikasi, penyimpanan sarana dan prasarana yang telah disediakan gudang, dan pemeliharaan sarana prasarana telah dilakukan pada jangka waktu harian, mingguan, dan tiga bulan, (4) penggunaan sarana dan prasarana telah sesuai dengan fungsinya dan mengikuti tata tertib, (5) penghapusan sarana dan prasarana belum dilaksanakan terkendala peraturan yang cukup rumit untuk diikuti.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Mutu Pendidikan Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 12207183014 DEA ARISKA |
Date Deposited: | 18 Jul 2022 07:07 |
Last Modified: | 18 Jul 2022 07:07 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27594 |
Actions (login required)
View Item |