PENANAMAN SIKAP SOSIAL MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK PADA PESERTA DIDIK DI MIN 3 TULUNGAGUNG, PANDANSARI, KECAMATAN NGUNUT, KABUPATEN TULUNGAGUNG

APRILIA PUSPITASARI DEWI, 12205183322 (2022) PENANAMAN SIKAP SOSIAL MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK PADA PESERTA DIDIK DI MIN 3 TULUNGAGUNG, PANDANSARI, KECAMATAN NGUNUT, KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (166kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (11kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (278kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (678kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (181kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Penanaman Sikap Sosial Melalui Pembelajaran Tematik pada Peserta Didik di MIN 3 Tulungagung, Pandansari, Kecamatan Ngunut, Kabupaten Tulungagung” ini ditulis oleh Aprilia Puspitasari Dewi, NIM. 12205183322, Dosen Pembimbing Dr. Mochamad Arif Faizin, M.Ag. Kata Kunci: Penanaman Sikap Sosial, Pembelajaran Tematik Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan zaman yang mengakibtakan sikap sosial anak bangsa saat ini tidak sesuai dengan tujuan pendidikan, banyak terjadi kasus-kasus akibat rendahnya sikap sosial anak bangsa. Penyebab lemahnya sikap sosial pada peserta didik karena kurangnya pembelajaran sikap dan perhatian dari guru dan orang tua. Maka dari itu penanaman sikap sosial sangat diperlukan dalam dunia pendidikan. Salah satunya yaitu melalui pembelajaran tematik. Pembelajaran Tematik mengandung Kompetansi Inti yang memuat sikap sosial yang harus dicapai oleh peserta didik dan guru. Sikap sosial tersebut seperti halnya jujur, sopan santun, toleransi, disiplin, peduli lingkungan, tanggung jawab, bersimpati, dan sebagainya. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana guru dalam penanaman sikap sosial sopan santun melalui pembelajaran tematik pada peserta didik MIN 3 Tulungagung? (2) Bagaimana guru dalam penanaman sikap sosial peduli lingkungan melalui pembelajaran tematik pada peserta didik MIN 3 Tulungagung? (3) Apa faktor pendukung dan faktor penghambat guru dalam penanaman sikap sosial sopan santun dan peduli lingkungan melalui pembelajaran tematik pada peserta didik MIN 3 Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, maksudnya data yang dikumpulkan berupa kata-kata dan gambar, bukan berupa angka-angka. Lokasi penelitian dilakukan di MIN 3 Tulungagung, dengan mengoptimalkan kehadiran peneliti dalam penggalian datanya. Data yang digali berdasarkan sumber data primer dan skunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya pengecekan keabsahan temuan dengan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, triangulasi sumber, metode, dan data. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Peran yang dilakukan guru MIN 3 Tulungagung dalam menanamkan sikap sosial sopan santun dengan melakukan berbagai upaya diantaranya memberikan pengertian atau wawasan, mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari dengan menggunakan metode pembelajaran diskusi, ceramah dan tanya jawab, memberikan nasehat ataupun motivasi, memberikan contoh perilaku, melakukan pembiasaan. Bentuk sikap sopan santun yang dimiliki peserta didik berupa menghormati guru atau orang yang lebih tua, santun dalam bertutur kata, berpakaian rapi, mengucapkan salam ketika bertemu dengan guru. (2) Peran yang dilakukan guru MIN 3 Tulungagung dalam menanamkan sikap sosial peduli lingkungan dengan melakukan berbagai upaya memberikan pengertian dan nasihat, mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari dengan menggunakan metode pembelajaran diskusi, ceramah, menjadi teladan bagi peserta didik, menciptakan pengkondisian, melakukan pembiasaan. Bentuk sikap sosial peduli lingkunganyang dimiliki peserta didik berupa mengerjakan piket harian sesuai jadwal, terhadap lingkungan yang kotor mereka segera membersihkannya, menyirami tanaman di depan kelas, membuang sampah pada tempatnya, tersedianya tempat samapah, sapu, pengki, kemoceng dikelas. (3) Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam menanamkan sikap sosial sopan santun dan peduli lingkungan secara umum hampir sama, faktor pendukung dan penghambatnya antara lain diri peserta didik sendiri, latar belakang keluarga, ekonomi, lingkungan masyarakat, kemajuan teknologi dan pengaruh pergaulan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Bimbingan dan Konseling Islam > Perilaku
Pendidikan > Tematik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183322 APRILIA PUSPITASARI DEWI
Date Deposited: 18 Jul 2022 07:46
Last Modified: 18 Jul 2022 07:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27608

Actions (login required)

View Item View Item