STRATEGI GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM MENCIPTAKAN SUASANA PEMBELAJARAN YANG MENYENANGKAN DI MTSN 10 BLITAR

AGUNG YUNANTA, 12201183444 (2022) STRATEGI GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM MENCIPTAKAN SUASANA PEMBELAJARAN YANG MENYENANGKAN DI MTSN 10 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (285kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (616kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (174kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Menciptakan Suasana Pembelajaran Yang Menyenangkan di MTsN 10 Blitar”, ditulis oleh Agung Yunanta, NIM. 12201183444, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Dr. Hj. Indah Komsiyah, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci: Strategi, Guru SKI, Pembelajaran Menyenangkan. Penelitian ini dilatarbelakangi sebuah fenomena bahwa mata pelajaran SKI banyak membuat anak bosan, jenuh, dan mengantuk karena mata pelajaran sejarah banyak menghafal nama tokoh, tahun dan kejadian secara runtut. Sehingga diperlukannya pembelajaran yang menyenangkan untuk menarik minat dan perhatian peserta didik terhadap mata pelajaran SKI. Maka dari itu peneliti tertarik untuk meneliti strategi guru SKI dalam menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan di MTsN 10 Blitar. Fokus penelitian skripsi ini adalah 1) Bagaimana metode guru dalam menciptakan awal yang berkesan pada pembelajaran SKI di MTsN 10 Blitar? 2) Bagaimana metode guru dalam menciptakan suasana rileks pada pembelajaran SKI di MTsN 10 Blitar? 3) Bagaimana metode guru dalam memotivasi peserta didik pada pembelajaran SKI di MTsN 10 Blitar?. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan metode guru dalam menciptakan awal yang berkesan pada pembelajaran SKI di MTsN 10 Blitar. Mendeskripsikan metode guru dalam menciptakan suasana rileks pada pembelajaran SKI di MTsN 10 Blitar. Mendeskripsikan metode guru dalam memotivasi peserta didik pada pembelajaran SKI di MTsN 10 Blitar. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data dengan memperpanjang masa pengamatan, meningkatkan kecermatan dalam penelitian, dan menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode guru dalam menciptakan awal yang berkesan pada pembelajaran SKI di MTsN 10 Blitar yaitu saat guru memasuki kelas guru menyapa peserta didik dengan ramah dan semangat, bersikap riang gembira bersama peserta didik, bersahabat dengan peserta didik, menunjukkan perhatian kepada peserta didik serta memahami peserta didik. Metode guru dalam menciptakan suasana rileks pada pembelajaran SKI di MTsN 10 yaitu dengan humor, ice breaking atau bermain. Metode guru dalam memotivasi peserta didik pada pembelajaran SKI di MTsN 10 Blitar yakni dengan memberikan reward atau penghargaan, guru juga memberi hukuman kepada peserta didik, memberikan pujian di setiap keberhasilan peserta didik, menggunakan metode yang bervariasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183444 Agung Yunanta
Date Deposited: 19 Jul 2022 01:51
Last Modified: 19 Jul 2022 01:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27611

Actions (login required)

View Item View Item