PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KEDISIPLINAN DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS 6 DI MI HAYATUL ISLAM DESA MOROSUNGGINGAN KECAMATAN PETERONGAN KABUPATEN JOMBANG

HIMATUN NISWAH, 12205183006 (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KEDISIPLINAN DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS 6 DI MI HAYATUL ISLAM DESA MOROSUNGGINGAN KECAMATAN PETERONGAN KABUPATEN JOMBANG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (431kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (451kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (271kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (394kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (411kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (317kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Kedisiplinan dan Keaktifan Belajar Siswa Kelas 6 di MI Hayatul Islam Desa Morosunggingan Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang” ini ditulis oleh Himatun Niswah, NIM. 12205183006, pembimbing Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M. Ag. Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Kedisiplinan Belajar, dan Keaktifan Belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya perubahan kondisi yaitu wabah Covid-19 yang mengharuskan pembelajaran dilakukan secara daring demi mengurangi penyebaran virus Covid-19. Pembelajaran daring adalah salah satu solusi agar pembelajaran tetap berjalan selama pandemi Covid-19. Namun, tak sedikit hambatan yang dihadapi dalam pembalajaran daring diantaranya siswa sulit fokus karena karena suasana rumah yang kurang kondusif, keterbatasan kuota internet atau wifi yang menjadi penghubung dalam pembelajaran daring serta adanya gangguan lain. pembelajaran daring mengakibatkan kurangnya interaksi antara guru dan siswa bahkan antar siswa itu sendiri. Ini juga bisa berdampak bagi siswa terutama pada kedisiplinan dan keaktifan siswa. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah 1) adakah pengaruh pembelajaran daring terhadap kedisiplinan belajar, 2) adakah pengaruh pembelajaran daring terhadap keaktifan belajar, dan 3) seberapa besar pengaruh pembelajaran daring terhadap kedisiplinan dan keaktifan belajar siswa kelas 6 di MI Hayatul Isalm Desa Morosunggingan Kecematan Peterongan Kabupaten Jombang dengan tujuan sebagai berikut 1) untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap kedisiplinan belajar, 2) pengaruh pembelajaran daring terhadap keaktifan belajar, dan 3) seberapa besar pengaruh pembelajaran daring terhadap kedisiplinan dan keaktifan belajar siswa kelas 6 di MI Hayatul Islam desa Morosunggingan kecamatan Peterongan kabupaten Jombang. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis asosiatif kuantitatif hubungan kausal. Variabel penelitian ada pembelajaran daring, kedisiplinan, dan keaktifan belajar. Populasi penelitiannya adalah seluruh siswa MI Hayatul Islam Desa Morosunggingan, Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang dan sampel yang digunakan dalam penelitian yaitu siswa kelas 6 dengan jumlah 24 siswa yang diambil menggunakan teknik Non Probability Sampling tipe Purposive Sampling. Teknik pengunpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Dalam uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji Heteroskedastitas.Teknik analisis datanya menggunakan uji regresi, uji-T, dan uji koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan 1) adanya pengaruh pembelajaran daring terhadap kedisiplinan belajar siswa dengan hasil thitung > ttabel yaitu 4.402 > 2.069 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. 2) Terdapat xviii pengaruh pembelajaran daring terhadap keaktifan belajar siswa dengan hasil thitung 4.947 dan ttabel 2.069 dimana 4.947> 2.069 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. 3) Besar pengaruh pembelajaran daring terhadap kedisiplinan belajar siswa sebesar 46,8% sisanya 53,2% dipengaruhi oleh faktorfaktor yang lain dengan nilai Rsquare tersebut 0,468 dimana dapat dikatakan pengaruh pembelajaran daring terhadap kedisiplinan belajar siswa berada pada kategori sedang dan Besar pengaruh pembelajaran daring terhadap keaktifan belajar siswa sebesar 52,7% sisanya 47,3% dipengaruhi oleh faktor-faktor yang lain. nilai Rsquare tersebut 0,527 dimana dapat dikatakan pengaruh pembelajaran daring terhadap keaktifan belajar siswa berada pada kaktegori sedang. Pengaruh pembelajaran daring terhadap kedisiplinan dan keaktifan siswa kelas 6 di MI Hayatul Islam yaitu pengaruh negatif diantaranya siswa kurang bisa memahami materi yang dikirim guru melalui Whatshapp grup, siswa terlambat mengirim tugas, siswa lebih suka bermain daripada belajar, siswa tidak berani bertanya pada guru apabila mengalami kesulitan, kurangnya usaha belajar selama pembelajaran daring, keaktifan siswa dalam pembelajaran siswa juga berkurang. Adapun saran yang dapat diberikan dari peneliti yaitu bagi guru diharapkan lebih menegakkan peraturan selama pembelajaran daring, bisa lebih kreatif dalam menciptakan suasana yang menyenangkan dalam pembelajara daring, lebih memperhatikan siswanya dalam pembelajaran agar bisa meningkatkan kedisiplinan dan keaktifan siswa dalam pembelajaran daring.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Daring
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Pembiasaan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Niswah 12205183006 HIMATUN NISWAH
Date Deposited: 19 Jul 2022 02:02
Last Modified: 19 Jul 2022 02:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27613

Actions (login required)

View Item View Item