PRINSIP SYARIAH DALAM MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA (Studi Atas Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia Di Pabrik Rokok Rowo Bening Desa Ngebong Kecamatan Pakel)

AYU OKTAVI MAGDALENA, 12405183049 (2022) PRINSIP SYARIAH DALAM MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA (Studi Atas Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia Di Pabrik Rokok Rowo Bening Desa Ngebong Kecamatan Pakel). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (431kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (430kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (209kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (472kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (641kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (491kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (624kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (439kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Prinsip Syariah dalam Manajemen Sumber Daya Manusia (Studi Atas Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia di Pabrik Rokok Rowo Bening Desa Ngebong Kecamatan Pakel)” ini ditulis oleh Ayu Oktavi Madalena, NIM 12405183049, dengan pembimbing Dr. Nur Aziz Muslim, M.H.I. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pengelolaan Manajemen Sumber Daya Manusia yang sesuai dengan prinsip syariah islam pada Pabrik Rokok Rowo Bening. Dengan mulai dilihat dari proses rekrutmen, seleksi, penilaian kinerja, pelatihan & pengembangan, dan juga kompensasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa Triangulasi dan menggunakan observasi, wawancara serta dokumentasi. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah Bagaimana penerapan Manajemen Sumber Daya Manusia berbasis syariah jika dilihat dari segi rekrutmen, seleksi, penilaian kinerja, pelatihan & pengembangan, serta kompensasi di Pabrik Rokok Rowo Bening? Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan Manajemen Sumber Daya Manusia berbasis syariah jika dilihat dari segi rekrutmen, seleksi, penilaian kinerja, pelatihan & pengembangan, serta kompensasi di Pabrik Rokok Rowo Bening. Hasil dari penelitian yaitu, jika dilihat dari sistem rekrutmen yang diterapkan sudah sesuai dengan Manajemen Sumber Daya Manusia secara syariah yang mengutamakan sikap jujur (sidhiq), tanggung jawab (amanah), tekun (Istiqomah), serta itqan (jelas), namun untuk penyebarluasan informasi rekrutmennya masih kurang maksimal. Lalu dari proses seleksinya sudah sesuai dengan konsep syariah yang mengedepankan syarat-syarat islami didalamnya, namun prosesnya tergolong sederhana dan belum lengkap, misalnya hanya terdapat wawancara tanpa adanya tes masuk. Untuk penilaian kinerja sudah dilakukan secara rutin, adil dan terbuka, kegiatan ini dilakukan oleh seorang mandor. Dengan terdapat sistem reward bagi karyawan yang memiliki kinerja bagus. Lalu untuk kegiatan pelatihan & pengembangan karyawan sudah sesuai dengan teori Manajemen Sumber Daya Manusia berbasis Syariah, pelatihan yang dilakukan perusahaan tidak hanya dari segi produktivitas kinerja, moral, namun juga dari segi spiritualnya. Namun jarang diadakan pelatihan rutin bagi karyawannya, hanya beberapa bulan sekali dilakukan oper posisi, sehingga kegiatan pelatihan di pabrik ini masih kurang maksimal. Yang terakhir dari segi kompensasi, sistem yang digunakan dinilai berdasarkan kinerja, keahlian serta situasi secara adil. Selain itu, karyawan juga mendapatkan kompensasi berupa bonus dan tunjangan-tunjangan lain yang dapat menjadi motivasi kerja karyawan. Kata Kunci : Manajemen Sumber Daya Manusia, Syariah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Manajemen Syariah
Sumber Daya Manusia
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: S1 12405183049 Ayu Oktavi Madalena
Date Deposited: 19 Jul 2022 02:11
Last Modified: 19 Jul 2022 02:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27616

Actions (login required)

View Item View Item