STRATEGI PEMBELAJARAN KITAB RISALATUL MAHID BAGI SISWI DI SMPN 1 KALIDAWIR TULUNGAGUNG

MUCHAMAD RIFQI FATKHUR ROZAK, 12201183430 (2022) STRATEGI PEMBELAJARAN KITAB RISALATUL MAHID BAGI SISWI DI SMPN 1 KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (892kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (314kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (436kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (252kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (725kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (248kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pembelajaran Kitab Risalatul Mahid bagi Siswi di SMPN 1 Kalidawir Tulungagung” ditulis oleh Muchamad Rifqi Fatkhur Rozak, NIM. 12201183430, Progam Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh: Dr. Hj. Indah Khomsiyah, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Kitab Risalatul Mahid, Siswi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya pengetahuan agama di daerah pegunungan dimana daerah tersebut terdapat pendidikan formal yaitu SMP yang mengangkat suatu pembelajaran kitab Risalatul Mahid yang umumnya dikaji di pondok pesantren. Mengetahui hal tersebut peneliti mengangkat strategi pembelajaran yang diterapkan dalam pembelajaran kitab Risalatul Mahid ini guna menjadi pandangan pendidikan formal yang belum menerapkannya. Fokus masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran kitab Risalatul Mahid pada siswi di SMPN 1 Kalidawir Tulungagung? (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran kitab Risalatul Mahid pada siswi di SMPN 1 Kalidawir Tulungagung? (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran kitab Risalatul Mahid pada siswi di SMPN 1 Kalidawir Tulungagung? Adapun tujuan penelitian ini adalah: Untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran kitab Risalatul Mahid pada siswi di SMPN 1 Kalidawir Tulungagung. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis metode penelitian deskriptif. Adapun teknik yang digunakan dalam pengumpulan data ialah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Paparan dan analisis data dilakukan dengan kondensasi data, penyajian data dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara menggunakan triangulasi dan perpanjangan penelitian. Hasil penelitian ini adalah: (1) Perencanaan pembelajaran kitab Risalatul Mahid pada siswi di SMPN 1 Kalidawir Tulungagung yaitu hal pertama yang dilakukan adalah guru membuat sebuah jadwal pembelajaran, lalu guru mempersiapkan penentuan sebuah tujuan yaitu untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang isi dari kitab Risalatul Mahid, kemudian penentuan bahan atau materi yang akan dilaksanakan yang berupa masalah kewanitaan, masalah reproduksi wanita, haid, dan lain-lain. (2) Pelaksanaan pembelajaran kitab Risalatul Mahid pada siswi di SMPN 1 Kalidawir Tulungagung dilakasanakan hari senin sampai kamis dan hari sabtu, dimulai pukul 12.00 WIB sampai 13.00 WIB atau ketika yang lain sholat dhuhur berjamaah. Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru adalah dengan cara memilih beberapa metode pembelajaran yaitu metode ceramah, tanya jawab, dan metode diskusi. (3) Evaluasi pembelajaran kitab Risalatul Mahid pada siswi di SMPN 1 Kalidawir Tulungagung adalah melalui teknik evaluasi yang menggunakan sebuah tes lisan oleh guru berupa beberapa pertanyaan dan ditanyakan langsung kepada siswi yang bertujuan untuk mengukur sejauh mana pemahaman siswi yang diperoleh dari awal sampai akhir pembelajaran kitab Risalatul Mahid.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183430 Rifqi
Date Deposited: 20 Jul 2022 01:49
Last Modified: 20 Jul 2022 01:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27621

Actions (login required)

View Item View Item