PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KONKRET TERHADAP MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SDI BAYANUL AZHAR BENDILJATI KULON

KURNIATUL QOTIJAH, 12205183344 (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KONKRET TERHADAP MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SDI BAYANUL AZHAR BENDILJATI KULON. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (614kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “ Pengaruh Penggunaan Media Konkret Terhadap Minat Belajar dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Matematika Peserta Didik Kelas V SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon” ini ditulis oleh Kumiatul Qotijah, NIM 12205183344 pembimbing Germino Wahyu Broto, M. Si. Kata Kunci: Media Konkret, Minat belajar, hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika. Menurut Jennah media konkret adalah benda sebenarnya yang dapat dijadikan sebagai media pembelajaran. Media konkret perlu digunakan untuk mempermudah peserta didik di dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pengajaran. Selain itu menurut Mulyani Sumantri Dan Johar Permana menyatakan bahwa media benda konkret merupakan benda yang sebenarnya membantu pengalaman nyata peserta didik dan menarik minat dan semangat belajar siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) Adakah pengaruh penggunaan media konkret terhadap minat belajar mata pelajaran matematika peserta didik kelas V SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon ? 2) Adakah pengaruh penggunaan media konkret Terhadap hasil belajar mata pelajaran matematika siswa kelas V SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon ? 3) Adakah perbedaan effektifitas antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol pada minat belajar siswa setelah penerapan media konkret ? 4) Adakah perbedaan effektifitas antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol pada hasil belajar siswa setelah penerapan media konkret? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitafif dengan jenis penelitian quasi experiment design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon. Teknik sampling yang digunakan yaitu sampling Non probability, dengan jenis purposive sampling sehingga menjadikan kelas V-A sebagai kelas kontrol sedangkan kelas V-C sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan skala minat dan tes hasil belajar. Uji prasyarat yang digunakan adalah normalitas dan homogenitas. Sedangkan uji hipotesis yang dilakukan adalah Paired T-Test, Independent sample t-test, dan N- gain score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Ada pengaruh penggunaan media konkret terhadap minat belajar mata pelajaran matematika peserta didik kelas V SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon. Dapat dilihat dari nilai Sig.(2- tailed) < 0,05, dan besar pengaruhnya adalah sebesar 19,227yang dapat dilihat pada mean. 2) Ada pengaruh penggunaan media konkret terhadap hasil belajar mata pelajaran matematika siswa kelas V SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon. Dapat dilihat dari nilai Sig.(2-tailed) < 0,05, dan besar pengaruhnya adalah sebesar 44,76190 yang dapat dilihat pada mean. 3) Adanya perbedaan effektifitas antara kelas eksperimen dan kontrol pada minat belajar, pada hasill uji N-gain score yaitu persentase kelas kontrol sebesar 1,50% dan kelas eksperimen sebesar 37,75%. 4) Adanya perbedaan effektifitas antara kelas eksperimen dan kontrol pada hasil belajar siswa,pada hasill uji N-gain score yaitu persentase kelas kontrol sebesar 29,56% dan kelas eksperimen sebesar 77,60%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Matematika
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Minat Belajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S1 12205183344 Kurniatul Qotijah
Date Deposited: 19 Jul 2022 04:09
Last Modified: 19 Jul 2022 04:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27648

Actions (login required)

View Item View Item