Ahmad Muhajir Romadhon, 12204183293 and Maryono, 198103302005011007 (2022) Pengaruh Model Pembelajaran DMR terhadap Kemampuan Representasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Materi Bilangan. Jurnal Tadris Matematika, 1 (1). pp. 1-10. ISSN 2654-2536
Text (Artikel Jurnal Ahmad Muhajir Romadhon)
kuantitatif, ahmad muhajir romadhon.docx Download (51kB) |
Abstract
Pada zaman sekarang banyak guru yang melakukan pembelajaran khususnya mata pelajaran matematika masih menggunakan model konvensional, yang hal itu dapat menjadikan siswa kurang aktif dan merasa bosan dalam pembelajaran. Upaya peningkatan hasil belajar siswa, dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan menerapkan pembelajaran kreatif dan inovatif model Diskursus Multi Representasi (DMR). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Diskursus Multi Representasi terhadap kemampuan representasi dan hasil belajar siswa kelas VII materi bilangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis quasi experimental dengan desain non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Islam Sunan Gunung Jati Tulungagung tahun ajaran 2021/2022 sebanyak 465 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, terpilih kelas VII A berjumlah 43 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VII B berjumlah 41 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran DMR terhadap kemampuan representasi dan hasil belajar siswa kelas VII materi bilangan. Hal ini berdasarkan nilai keempat P-value(sig) Pillai’s Trace, Wilks’s Lamda, Hotelling’s Trace, dan Roy’s Largest Root sebesar 0,009.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ahmad 12204183293 Muhajir |
Date Deposited: | 16 Jul 2022 09:09 |
Last Modified: | 16 Jul 2022 09:09 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27666 |
Actions (login required)
View Item |