MANAJEMEN PENGEMBANGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMAN 1 REJOTANGAN

OKTAFIANA INTRI PURWATI, 12207183044 (2022) MANAJEMEN PENGEMBANGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMAN 1 REJOTANGAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (529kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (265kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (442kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (731kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (318kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Manajemen Pengembangan Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di SMAN 1 Rejotangan” di tulis oleh Oktafiana Intri Purwati, NIM 12207183044, pembimbing Muhammad Zainul Arifin, M.Pd.I. Kata Kunci: Manajemen, Kompetensi Profesional Guru, Prestasi Belajar Penelitian ini membahas tentang Manajemen Pengembangan Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di SMAN 1 Rejotangan. Guru memegang peran sentral dalam pendidikan di Indonesia. Guru memiliki peran yang sangat penting dalam mencerdasakan kehidupan bangsa. Dimana guru menjadi faktor penentu keberhasilan lembag pendidikan dalam mencapai tujuannya. Seiring dengan perkembangan zaman, ilmu pengetahuan, serta kebutuhan masyarakat akan pendidikan yang semakin besar, menuntut seorang guru untuk terus meningkatkan dan mengembangkan kompetensi profesional nya dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabny sebagai pendidik bangsa. Sehingga dalam upaya untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dan tujuan dari lembaga pendidikan, maka seorang guru perlu untuk mengembangan kompetensi profesionalnya dengan baik melalui serangkaian perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan pengembangan kompetensi profesional guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMAN 1 Rejotangan? (2) Bagaimana pelaksanaan pengembangan kompetensi profesional guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMAN 1 Rejotangan? (3) Bagaimana evaluasi pengembangan kompetensi profesional guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMAN 1 Rejotangan?. Adapun tujuan penelitiannya adalah (1) untuk mengetahui perencanaan Pengembangan Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMAN 1 Rejotangan, (2) untuk mengetahui pelaksanaan Pengembangan Kompetensi Profesional Guru dala Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMAN 1 Rejotangan, (3) untuk mengetahui Evaluasi Pengembangan Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMAN 1 Rejotangan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini meliputi: (1) perencanaan pengembangan kompetensi profesional guru dilakukan dengan: a) membuat perencanaan terlebih dahulu b) menyusun dan merencanakan Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) dalam waktu satu tahun pembelajaran atau selama satu periode, c) perencanaan dilakukan dengan memperhatikan visi misi serta tujuan sekolah, d) melalui pendidikan dan pelatihan yaitu dengan menerapkan program MGMPS dan IHT, d) melalui diskusi antar sesama guru mata pelajaran (2) pelaksanaan pengembangan kompetensi profesional guru meliputi: a) pelaksanaannya dilakukan di awal tahun pelajaran, b) membentuk suatu tim da koordinasi, c) sarana dan prasarana yang memadai dan menunjang, d) adanya faktor pendukung dan penghambat, e) pemberian solusi berupa motivasi dan pendekatan. 3) evaluasi pengembangan kompetensi guru sebagai berikut: a) adanya Laporan Pencapaian Kerja (LPK), b) dilakukan secara terus menerus, c) dilakukan dengan melalui supervisi dan motivasi, d) tercapainya hasil prestasi akademik dan non akademik, e) adanya rencana tindak lanjut.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Oktafiana Intri Purwati
Date Deposited: 19 Jul 2022 03:44
Last Modified: 19 Jul 2022 03:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27684

Actions (login required)

View Item View Item