PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 5 MATA PELAJARAN IPS MI SENDEN KECAMATAN KAMPAK KABUPATEN TRENGGALEK

TENDA DWI ASTUTIK, 12205183081 (2022) PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 5 MATA PELAJARAN IPS MI SENDEN KECAMATAN KAMPAK KABUPATEN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (202kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (98kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 5 Mata Pelajaran Ips Mi Senden Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek” ini ditulis oleh Tenda Dwi Astutik, NIM 12205183081, pembimbing Dr. H. Asrop Safi’I,M.ag. Kata Kunci : Metode Demonstrasi, Hasil Belajar IPS Penelitian dalam skripsi ini di latar belakangi oleh kondisi pembelajaran IPS di Mi Senden Kampak Trenggalek yang menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik masih relatif rendah. Pembelajaran dikelas masih banyak di dominasi oleh guru kelas. Sehingga peserta didik cenderung pasif ketika pembelajaran berlangsung. Dalam hal ini, peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan menggunakan metode demonstrasi. Dengan adanya metode tersebut diharapkan dapat membantu pemahaman peserta didik dalam mata pelajaran IPS, sehingga hasil belajar peserta didik dapat meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pengaruh metode demontrasi terhadap hasil belajar afektif pada mata pelajaran ips di MI Senden Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek ? (2) Bagaimana pengaruh metode demontrasi terhadap hasil belajar psikomotorik pada mata pelajaran ips di MI Senden Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek ? (3) Bagaimana pengaruh metode demontrasi terhadap hasil belajar kognitif pada mata pelajaran ips di MI Senden Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek ? (4) Bagaimana pengaruh metode demontrasi terhadap hasil belajar afektif, kognitif dan psikomotorik siswa kelas 5 pada mata pelajaran ips di MI Senden Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek ?. Adapun tujuannya untuk mendeskripsikan ada pengaruh tidaknya menggunakan metode deomstrasi terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi dalam peniliti ini adalah seluruh siswa Mi senden Kampak Trenggalek yang terdiri dari 245 siswa. Samplingnya menggunakan purposive sampling. Sampelnya yaitu siswa kelas 5 dengan jumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan angket, tes (pre tes dan post tes), observasi dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan tiga uji yaitu (1) uji instrument (validitas dan reliabilitas), (2) uji prasayat (homogenitas dan normalitas), (3) uji hipotesis (paired sample t-test). Adapaun hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh metode demonstrasi terhadap hasil belajar afektif siswa. Hal ini ditunjukkan dengan hasil analisis menggunakan uji paired sample t-test yang diperoleh Asymp Sig.(2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05, karena nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 lebih kecil dari 0,05. Jadi Ha diterima dan Ho ditolak. (2) Ada pengaruh metode demonstrasi terhadap hasil belajar kognitif siswa. Hal ini ditunjukkan dengan hasil analisis menggunakan uji paired sample t-test yang diperoleh Asymp. Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, karena nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Jadi Ha diterima dan Ho ditolak. (3) Ada pengaruh metode demonstrasi terhadap hasil belajar psikomotorik siswa. Hal ini ditunjukkan dengan hasil analisis menggunakan uji paired sample t-test yang diperoleh Asymp Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, karena nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Jadi Ha diterima dan Ho ditolak. (4) Ada pengaruh metode demonstrasi terhadap hasil belajar afektif, kognitif, dan psikomotorik siswa. Hal ini ditunjukkan dengan hasil analisis menggunakan uji paired sample t-test yang diperoleh Asymp Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, karena nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Jadi Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183081 TENDA DWI ASTUTIK
Date Deposited: 26 Jul 2022 01:40
Last Modified: 26 Jul 2022 01:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27691

Actions (login required)

View Item View Item