PENANAMAN SIKAP SOSIAL PADA PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI MI DARUSSALAM WONODADI BLITAR

AYU AULIA PUTRI, 12205183228 (2022) PENANAMAN SIKAP SOSIAL PADA PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI MI DARUSSALAM WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (177kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (182kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (594kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (135kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Penanaman Sikap Sosial Pada Peserta Didik Melalui Pembelajaran Tematik Muatan Ilmu Pengetahuan Sosial Di MI Darussalam Wonodadi Blitar” ini ditulis oleh Ayu Aulia Putri NIM. 12205183228, Pembimbing H. Muh. Nurul Huda, MA. Kata Kunci : Penanaman Sikap Sosial, Pembelajaran Tematik Muatan IPS Penelitiaan ini dilatar belakangi oleh pentingnya menanamkan sikap sosial pada peserta didik MI Darussalam Wonodadi Blitar. Anak pada usia Sekolah Dasar sudah mulai mengetahui lingkungan masyarakat, maka yang dilakukan seorang guru harus menanamkan sikap sosial di lembaga sekolah. Penanaman sikap sosial sendiri bertujuan untuk mmempersiapkan peserta didik untuk berinteraksi di lingkungan sosial masyarakat yang beragam. Penanaman sikap sosial dapat di katakan mengerjakan sikap-sikap sosial kepada individu maupun kelompok. Penanaman sikap tersebut salah satunya dapat melalui pembelajaran tematik. Sikap sosial tersebut seperti halnya sopan santun, toleransi, disiplin, peduli sosial, tanggung jawab, kejujuran, bersimpati, dan sebagainya. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penanaman sikap sosial peduli sosial melalui pembelajaran temaatik muatan IPS pada peserta didik di MI Darussalam Wonodadi Blitar? (2) Bagaimana penanaman sikap sosial tanggung jawab melalui pembelajaran tematik muatan IPS pada peserta didik di MI Darussalam Wonodadi Blitar? (3) Bagaimana penanaman sikap sosial santun melalui pembelajaran tematik muatan IPS pada peserta didik di MI Darussalam Wonodadi Blitar? Penelitian ini menggunakan metode penelitin kulitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan (1) Kondensasi data, (2) Penyajian Data, (3) Penarikan Kesimpulan. Subjek Penelitian Kepala Madrasah, Wali kelas 5, Wali kelas 1, dan salah satu peserta didik kelas 5 di MI Darussalam Wonodadi Blitar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Penanaman sikap peduli sosial melalui pembelajaran tematik muatan Ilmu Pengetahuan Sosial pada peserta didik MI Darussalam Wonodadi Blitar. Yaitu dengan cara pemberian nasihat, selain itu juga apabila ada materi yang mengaitkan dengan sikap peduli sosial. (2) Penanaman sikap sosial tanggung jawab melalui pembelajaran tematik muatan Ilmu Pengetahuan Sosial. Dapat diterapkan dengan cara pemberian tugas, nasihat, serta mengaitkan dalam kehidupan sehari-hari secara kontekstual. (3) Penanaman sikap sosial santun melalui pembelajaran tematik muatan Ilmu Pengetahuan Sosial pada peserta didik MI Darussalam Wonodadi Blitar dengan cara pemberian nasihat sekaligus menjadi teladan bagi peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183228 AYU AULIA PUTRI
Date Deposited: 19 Jul 2022 03:06
Last Modified: 19 Jul 2022 03:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27697

Actions (login required)

View Item View Item