SITI RAHMA MUTMAINAH, 12211183042 (2022) PENGARUH KONSEP DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI HUKUM NEWTON PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA NEGERI 1 PANGGUL KABUPATEN TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (977kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (288kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (201kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (194kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (385kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (762kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (963kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (387kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (265kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Konsep Diri dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mateti Hukum Newton Peserta Didik Kelas X di SMA Negeri 1 Panggul Kabupaten Trenggalek” ini ditulis oleh Siti Rahma Mutmainah. NIM. 12211183042. Program Studi Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN SATU Tulungagung. Pembimbing: Muhammad Luqman Hakim Abbas, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Konsep Diri, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Hasil belajar merupakah keberhasilan dalam belajar yang mudah untuk diukur. Hasil belajar dipengaruhi oleh faktor internal (motivasi minat, kecerdasan) dan faktor eksternal. Konsep diri menentukan berhasil tidaknya seorang peserta didik dalam belajarnya. Konsep diri memiliki pengaruh pada hasil belajar seorang peserta didik di mana semakin baik konsep diri mereka maka hasil belajar juga semakin baik. Motivasi menjadi salah satu aspek penting dalam menentukan semangat belajar yang berpengaruh pada hasil belajar. Tinggi rendahnya motivasi dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Berdasarkan pada observasi yang telah dilakukan peneliti, peserta didik kelas X SMAN 1 Panggul memiliki motivasi belajar cukup tinggi, hal ini didasarkan pada kemauan mereka untuk dapat menyelesaikan permasalahan dalam mata pelajaran fisika. Namun, mereka mempersepsikan diri sendiri bahwa mereka tidak mampu menyelesaikan persoalan dalam mata pelajaran fisika. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh positif yang signifikan antara konsep diri terhadap hasil belajar pada materi hukum newton peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Panggul Kabupaten Trenggalek (2) Untuk mengetahui pengaruh positif yang signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar materi hukum newton peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Panggul Kabupaten Trenggalek (3) Untuk mengetahui pengaruh positif yang signifikan antara konsep diri dan motivasi belajar terhadap hasil belajar pada materi hukum newton peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Panggul Kabupaten Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian expost facto korelasional. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan data bersumber dari peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 1 Panggul. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan Uji Regresi Sederhana dan Uji Regresi Berganda. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif antara konsep diri terhadap hasil belajar pada materi hukum newton dengan thitung>ttabel (2,090>1,98397) dan sig. < 5% kontribusi 4,1%. (Y=68,349+0,034X1) (2) terdapat pengaruh positif antara motivasi belajar terhadap hasil belajar pada materi hukum newton thitung>ttabel (2,868>1,98397) dan sig. < 5% kontribusi 7,5%. (Y=66,521+0,057X2) (3) terdapat pengaruh positif konsep diri dan motivasi belajar terhadap hasil belajar pada materi hukum newton Fhitung>Ftabel (4,144>3,09) sig. <5% dengan
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Motivasi Belajar Pendidikan Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | 12211183042 Siti Rahma Mutmainah |
Date Deposited: | 19 Jul 2022 03:00 |
Last Modified: | 19 Jul 2022 03:01 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27698 |
Actions (login required)
View Item |