LILIS KRISTIANI, 12205183338 (2022) IMPLEMENTASI METODE TANYA JAWAB, LATIHAN, DAN KERJA KELOMPOK PADA MATA PELAJARAN AL QUR’AN HADITS DI MI GUPPI BAITUL IZZAH PANDEAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (514kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (416kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (565kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (603kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (364kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (566kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (445kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (452kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Implementasi Metode Tanya Jawab, Latihan dan Kerja Kelompok Pada Mata Pelajaran Al Qur’an Hadits di MI Guppi Baitul Izzah Pandean Trenggalek” ini ditulis oleh Lilis Kristiani, NIM. 12205183338, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, dibimbing oleh Dr. Nita Agustina Nurlaila Eka Erfiana, M.Pd.I. Kata Kunci : Implementasi, Metode Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena dalam suatu kegiatan pembelajaran, faktanya bagi siswa pelajaran Al Qur’an Hadits merupakan mata pelajaran yang sulit dipelajari karena sebagian siswa masih ada yang belum lancar membaca Al Qur’an dan tentu akan kesulitan dalam mengartikan, menghafal dan memahaminya. Sehingga ketika pelajaran Al Qur’an hadits berlangsung mereka kurang tertarik mengikutinya. Dengan begitu guru dituntut untuk pandai menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, sehingga siswa bisa termotivasi untuk mengikuti pembelajaran. Dalam hal ini penggunaan metode pembelajaran memiliki peran yang penting sebagai cara guru dalam menyampaikan materi serta dalam pencapaian pemahaman siswa. Dengan adanya fenomena tersebut, peneliti ingin mengetahui lebih dalam tentang implementasi metode yang dilakukan guru Al Qur’an Hadits, agar siswa lebih giat dalam belajar sehingga dapat memperoleh hasil belajar yang baik sesuai harapan. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana implementasi metode tanya jawab pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits di MI Guppi Baitul Izzah Pandean Trenggalek? (2) Bagaimana implementasi metode latihan pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits di MI Guppi Baitul Izzah Pandean Trenggalek? (3) Bagaimana implementasi metode kerja kelompok pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits di MI Guppi Baitul Izzah Pandean Trenggalek?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi metode tanya jawab, metode latihan dan metode kerja kelompok dalam pembelajaran. Penelitian ini penulis mengunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Dalam melakukan pengumpulan data, peneliti menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan data menggunakan ketekunan pengamat dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Implementasi metode tanya jawab, dalam pembelajaran guru memberikan pertanyaan atau sebaliknya siswa bertanya. Tanya jawab diterapkan diawal, inti dan akhir pembelajaran. (2) Implementasi metode latihan, dalam pembelajaran guru memberikan latihan secara berulang-ulang. Latihan soal yang diberikan secara lisan maupun tulisan, secara kelompok maupun individu. (3) Implementasi metode kerja kelompok, pembelajaran dilakukan secara berkelompok dimana siswa saling berdiskusi dan bekerja sama untuk menyelesaikan persoalan yang diberikan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183338 LILIS KRISTIANI |
Date Deposited: | 19 Jul 2022 04:20 |
Last Modified: | 19 Jul 2022 04:20 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27700 |
Actions (login required)
View Item |