HENRITI AULIA IVANISOFISA, 12205183177 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DAN PROBLEM POSING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN FIQIH KELAS V MIN 9 BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (619kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (299kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (390kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (244kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (325kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (262kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (195kB) | Preview |
Abstract
Peneliti tertarik melakukan penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih. Hal ini disebabkan karena pendidik masih menggunakan model pembelajaran konvensional. Dalam pembelajaran hendaknya guru memberikan inovasi yang mampu merubah suasana pembelajaran menjadi menyenangkan sehingga hasil belajar menjadi lebih baik dan maksimal. Inovasi yang dapat dilakukan salah satunya dengan model pembelajaran make a match dan problem posing. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Adakah pengaruh model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Fiqih Kelas V MIN 9 Blitar ? 2) Adakah pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar pada pembelajaran Fiqih Kelas V MIN 9 Blitar ? 3) Adakah pengaruh model pembelajaran make a match dan problem posing terhadap hasil belajar pada pembelajaran Fiqih Kelas V MIN 9 Blitar ?. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Fiqih Kelas V MIN 9 Blitar. 2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar pada pembelajaran Fiqih Kelas V MIN 9 Blitar. 3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran make a match dan problem posing terhadap hasil belajar pada pembelajaran Fiqih Kelas V MIN 9 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, jenis penelitiannya quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V MIN 9 Blitar. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas V-A sebagai kelas kontrol yang berjumlah 35 peserta didik, V-B sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 36 peserta didik dan kelas V-E sebagai kelas eksperimen berjumlah 36 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah: 1) dokumentasi 2) Tes. Hasil penelitian pada skripsi ini, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran make a match dan problem posing terhadap hasil belajar pada pembelajaran fiqih kelas V MIN 9 Blitar dibuktikan dengan hasil analisis uji One Way Anova sebesar 0,003 < 0,05. 1) Ada pengaruh model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Fiqih Kelas V MIN 9 Blitar dibuktikan dengan hasil uji Post Hoc model pembelajaran make a match diperoleh nilai Sig. 0,002 < 0,05. 2) Ada pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar pada pembelajaran Fiqih Kelas V MIN 9 Blitar dibuktikan dengan hasil uji Post Hoc model pembelajaran problem posing diperoleh nilai Sig. 0,038 < 0,05. 3) Ada pengaruh model pembelajaran make a match dan problem posing terhadap hasil belajar pada pembelajaran Fiqih Kelas V MIN 9 Blitar secara bersamaan dibuktikan dengan hasil uji Post Hoc 0,598 > 0,05 yang berarti terdapat pengaruh bersama-sama antara model pembelajaran make a match dan problem posing terhadap hasil belajar pada pembelajaran Fiqih Kelas V MIN 9 Blitar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183177 HENRITI AULIA IVANISOFISA |
Date Deposited: | 19 Jul 2022 04:14 |
Last Modified: | 19 Jul 2022 04:14 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27705 |
Actions (login required)
View Item |