MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MUTU PENIDIKAN DI SMPN 1 SRENGAT BLITAR

DENI NURDIANSYAH, 12207183049 (2022) MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MUTU PENIDIKAN DI SMPN 1 SRENGAT BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVERR.pdf

Download (442kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (317kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (935kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (619kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (407kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (115kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatkan Kualitas Mutu Pendidikan di SMPN 1 Srengat Blitar”, ini ditulis oleh Deni Nurdiansyah, NIM 12207183049, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, dibimbing oleh Muhammad Zainul Arifin, M, Pd, I Kata Kunci: Manajemen Kesiswaan, Mutu Pendidikan Penelitian ini membahas tentang Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatkan Kualitas Mutu Pendidikan di SMPN 1 Srengat Blitar. Setiap lembaga pendidikan memiliki tanggung jawab yang besar dalam meningkatkan kualitas siswanya baik secara akademik maupun non akademik. Eksistensi siswa dalam sebuah lembaga pendidikan sangat berperan penting. Karena siswa merupakan salah satu objek utama dalam pelaksanaan pembelajaran. Karena dimana tujuan dari kegiatan kesiswaan yaitu untuk menampung bakat serta minat siswa serta untuk meningkatkan kemampuan pada diri siswa agar memperoleh prestasi yang gemilang. Guna meningkatkan kemampuan siswa, dibutuhkan manajemen kesiswaan yang cakap dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi Fokus penelitian skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan manajeme kesiswaan dalam meningkatakan kualitas mutu pendidikan di SMPN 1 Srengat Blitar, (2) Bagaimana pelaksanaan manajemen kesiswaan dalam meningkatakan kualitas mutu pendidikan di SMPN 1 Srengat Blitar? (3) Bagaimana Evaluasi manajemen kesiswaan dalam meningkatakan kualitas mutu pendidikan di SMPN 1 Srengat Blitar ?. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif yang menghasilkan data berupa deskriptif, dengan mengambil latar manajemen kesiswaan dalam meningkatkan kualitas mutu pendidikan di SMPN 1 Srengat Blitar. Sumber data yang diambil dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, dan wakil kepala bagian bidang kurikulum. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verivikasi. Pengecekan keabsahan data meliputi uji kredibilitas dengan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, triangulasi, menggunakan bahan referensi, dan mengadakan , transferability, dependability, confirmability. Hasil dari penelitian ini meliputi: (1) Perencanaan kegiatan kesiswaan terdiri dari (a) perencanaan dimulai dengan rapat koordinasi dengan kepala sekolah, waka kesiswaan, dan para guru atau guru pembina, (b) melaksanakan tahap analisis guna mengetahui kesiapan lembaga sekolah dalam melakukan program kesiswaan, (c) dalam melakukan perencanan program kesiswaan melibatkan seluruh elemen sekolah, (d) kegiatan non akademik mengambi hasil dari angket yang diberikan terhadap siswa siswa. (2) Kegiatan kesiswaan dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan siswa serta mengembangkan bakat dan minat siswa, (c) melakukan tahap orientasi atau pengenalan terhadap siswa saat pertama kali masuk kesekolah tentang program kesiswaan,(d) melakukan pengelompokan baik bidang akademik maupun non akademik sesuai dengan kemampuan siswa untuk memperlancar pembinaan (e) proses pembinaan siswa dalam meningkatkan kualitas mutu pendidikan di SMPN 1 Srengat Blitar pembentukan karakter melalui pembiasaan seperti upacara bendera setiap hari senin, membaca as maul husna setiap paginya serta megikutsertakan dalam pembentukan tim satgas covid 19.(3) Evaluasi kesiswaan yaitu (a) tiap bapak ibu guru memberikan berupa evaluasi terhadap wakil kepala bagian kesiswaan, (b) setiap bapak ibu guru wajib memberi masukan kepada siswa, (c) memberikan hadiah/reward kepada siswa yang berprestasi, (d) menentukan tolak ukur keberhasilan dalam melaksanakan kegiatan kesiswaan, (e) melakukan tindak lanjut terhadap hasil dari evaluasi

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Mutu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mahasiswa 12207183049 Deni Nurdiansyah
Date Deposited: 19 Jul 2022 04:28
Last Modified: 19 Jul 2022 04:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27713

Actions (login required)

View Item View Item