IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VII DI MTsN 5 MALANG

NANDA FITRIARIYANTIKA, 12201183281 (2022) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VII DI MTsN 5 MALANG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (603kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (324kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (476kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (427kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (314kB) | Preview

Abstract

Abstrak dengan judul “Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII Di MTsN 5 Malang” yang ditulis oleh Nanda Fitriariyantika, Jurusan Pendidikan Agama Islam, NIM. 12201183281 Tahun 2022 di bimbing oleh. Prof. Dr. H. Imam Fuadi, M.Ag Kata Kunci: Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning, Peningkatan Pemahaman Siswa Konteks penelitian ini meliputi implementasi model pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman siswa adalah tujuan yang harus dicapai dalam pembelajaran. Harapan ideal dapat terwujudnya tingkat pemahaman baik dalam segi kognitif, afektif, dan psikomotorik. Meningkatkan pemahaman siswa diimplementasikan pada mata pelajaran Fiqih dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Berdasarkan fenomena tersebut, perlu diadakan penelitian terkait dengan implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII MTsN 5 Malang. Fokus penelitian meliputi 1) Bagaimana perencanaan implementasi model pembelajaran contextual teaching and learning dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VII di MTsN 5 Malang?. 2) Bagaimana pelaksanaan implementasi model pembelajaran contextual teaching and learning dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VII di MTsN 5 Malang?. 3) Bagaimana evaluasi implementasi model pembelajaran contextual teaching and learning dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VII di MTsN 5 Malang? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian adalah di MTsN 5 Malang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode induktif dengan alur tahapan Reduksi data, Penyajian data (data display) dan Penarikan kesimpulan atau verifikasi. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan: (1) Perencanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran fiqih di kelas VII MTsN 5 Malang. Perencanaan pembelajaran berguna sebagai pedoman guru untuk melaksanakan pembelajaran. Pembelajaran tahun ajaran 2021/2022 semester genap yang dilakukan dengan melakukan pembatasan waktu pembelajaran. Mata pelajaran Fiqih di kelas VII yang pertama adalah mempersiapkan rencana pelaksana pembelajaran (RPP) yang sesuai dengan silabus, kemudian guru menyiapkan bahan ajar, sumber belajar, yang kedua guru menyiapkan model pembelajaran dan metode yang digunakan untuk guru mata pelajaran Fiqih yang menyantumkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning, yang ketiga adalah menyiapkan media pembelajaran. (2) Pelaksanaan pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman siswa menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada mata pelajaran Fiqih di kelas VII MTsN 5 Malang. Pelaksanaan pembelajaran secara tatap muka dilakukan dengan pembatasan waktu pembelajaran. Pembelajaran inti dilaksanakan di dalam kelas dengan mengamati, menganalisis, juga mempraktikkan secara langsung materi Fiqih yang membahas tentang sholat dalam keadaan darurat. (3) Implementasi evaluasi pembelajaran menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada mata pelajaran Fiqih di kelas VII MTsN 5 Malang. Evaluasi di MTsN 5 Malang berupa ulangan harian, penilaian tengah semester, penialian akhir semester, dan penilaian akhir tahun. Evaluasi dilaksanakan dengan mengerjakan soal pilihan ganda, essay dan HOTS. Evaluasi pembelajaran pada materi yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning yaitu dengan penilaian autentik yaitu guru menilai siswa dengan mempertimbangkan beberapa faktor seperti, kedisiplinan, keaktifan, hasil kerja siswa, dan kreatifitas siswa dalam mengerjakan tugas. Guru menilai siswa dengan berkesinambungan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Pendidikan Islam
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: fitriariyantika nanda
Date Deposited: 19 Jul 2022 04:32
Last Modified: 19 Jul 2022 04:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27716

Actions (login required)

View Item View Item