NURHADI MUBAROK, 12209183041 (2022) PERSEPSI FOLLOWERS TERHADAP AKUN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @HISTORIADOTID SEBAGAI SARANA PENGENALAN SEJARAH. [ Skripsi ]
|
Text
COVER .pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK .pdf Download (570kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI .pdf Download (233kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I .pdf Download (406kB) | Preview |
|
Text
BAB II .pdf Restricted to Repository staff only Download (556kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (758kB) |
||
Text
Bab IV .pdf Restricted to Repository staff only Download (834kB) |
||
Text
BAB V .pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (225kB) | Preview |
Abstract
Pada penelitian ini kerangka konsep yang digunakan yaitu persepsi followers terhadap akun sejarah di media sosial Instagram, yakni akun @historiadotid. Selanjutnya metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian mixed method yakni campuran antara kuantitatif dan kualitatif. Jumlah responden yang mengisi kuisioner berjumlah 270 responden. Temuan dalam penelitian ini pada metode kuantitatif adalah diketahui bahwa pada aspek kognitif diperoleh hasil 86,79% dengan total skor 937,46 atau sangat setuju. Hal ini menunjukkan bahwa followers sangat setuju bahwa akun @historiadotid bisa mempermudah mereka mempelajari pengetahuan tentang sejarah. Sedangkan pada aspek afektif diperoleh hasil 82,56% dengan total skor 891,75. Hal ini menunjukkan bahwa followers sangat setuju bahwa akun @historiadotid membuat mereka senang mempelajari sejarah lewat akun instagram @historiadotid. Sedangkan hasil dari penelitian menggunakan metode kualitatif dengan wawancara kepada 12 informan, menunjukkan bahwa akun sejarah @historiadotid mempunyai kegunaan sebagai sarana menambah pengetahuan bagi khalayak terhadap sejarah. Tetapi di sisi lain deskripsi informasi yang disampaikan kurang lengkap sehingga followers harus membuka halaman websitenya terlebih dahulu untuk membaca deskripsi yang lengkap. Pada aspek kognitif, dalam penelitian ini diperoleh respon positif atau sangat setuju. Mereka mengatakan, bahwa efek dari melihat postingan akun @historiadotid adalah bisa menambah pengetahuan sejarah yang jarang diketahui. Selain itu, akun @historiadotid juga bisa menjadi sarana belajar sejarah yang gratis. Untuk aspek afektif seluruh informan merespon dengan persepsi yang bagus dan positif, baik dari segi desain, konten, bahasa dan penyampaian. Mereka berpendapat bahwa dengan adanya akun @historiadotid membuat suasana belajar sejarah menjadi lebih menyenangkan dan tidak membosankan. Kesimpulan hasil penelitian dengan dua metode tersebut adalah bahwa secara umum followers memiliki persepsi yang positif terhadap akun @historiadotid sebagai sarana pengenalan sejarah dan tentunya ada kekurangan yang bisa dijadikan masukan untuk @historiadotid yaitu dalam penyampaian deskripsi yang kurang lengkap pada caption. Oleh karena itu diharapkan agar @historiadotid lebih baik dalam menyampaikan informasi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Media Sosial Pendidikan Pendidikan > Sumber Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | Mubarok 12209183041 Nurhadi Mubarok |
Date Deposited: | 19 Jul 2022 04:39 |
Last Modified: | 19 Jul 2022 04:39 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27722 |
Actions (login required)
View Item |