INTERNALISASI NILAI-NILAI TOLERANSI PADA PESERTA DIDIK DI MTS ASWAJA TUNGGANGRI TULUNGAGUNG

ERVAN CHOIRUL ANWAR, 12201183204 (2022) INTERNALISASI NILAI-NILAI TOLERANSI PADA PESERTA DIDIK DI MTS ASWAJA TUNGGANGRI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (690kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (599kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (809kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (924kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (722kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (728kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (579kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (532kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Internalisasi Nilai-Nilai Toleransi Pada Peserta Didik di MTs Aswaja Tunggangri Tulungagung” ini ditulis oleh Ervan Choirul Anwar, NIM. 12201183204, Progam studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dosen pembimbing: Moh. Mashudi, M.Pd.I. Kata Kunci: Internalisasi, Toleransi, Peserta Didik Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya perbuatan intoleransi yang bisa menimbulkan dampak negatif dan berakibat pada aksi terorisme. Berangkat dari persoalan tersebut perlu adanya penanaman nilai toleransi sejak dini pada diri seseorang melalui dunia pendidikan. Pembentukan sikap toleransi pada peserta didik diawali dengan penghayatan nilai-nilai toleransi di sekolah melalui proses pembelajaran dan interaksi sosial. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana potret toleransi pada peserta didik di MTs Aswaja Tunggangri Tulungagung? 2) Bagaimana proses internalisasi nilai-nilai toleransi pada peserta didik di MTs Aswaja Tunggangri Tulungagung? 3) Bagaimana faktor penghambat dan pendukung internalisasi nilai-nilai toleransi pada peserta didik di MTs Aswaja Tunggangri Tulungagung?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian di MTs Aswaja Tunggangri Tulungagung. Sumber data diperoleh dari dua jenis yaitu sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecakan keabsahan data menggunakan trianggulasi, perpanjangan keikutsertaan, dan ketekunan pengamatan. Hasil penelitian menunjukan : 1) potret toleransi pada peserta didik di MTs Aswaja Tunggangri tulungagung berjalan dengan baik melalui kegiatan pembelajaran, interaksi sosial, dan penghayatan nilai toleransi: persamaan, keadilan, dan kebebasan. 2) proses internalisasi nilai-nilai toleransi melalui tiga tahap, pertama tahap transformasi nilai terjadi ketika proses pembelajaran guru menyampaikan materi toleransi yang terdapat pada mata pelajaran aswaja. Peserta didik diberikan wawasan mengenai toleransi, bentuk toleransi, dan pelaksanaanya. Kedua melalui tahap transaksi nilai terjadi ketika guru memberikan pengertian toleransi dan implementasinya kepada peserta didik secara dua arah, Ketiga melalui tahap trans-internalisasi nilai toleransi terjadi melaui kegiatan peserta didik seperti progam penguatan spiritual peserta didik dan ekstrakurikuler. 3) faktor pendukung dan penghambat internalisasi nilai toleransi berupa: profesionalisme guru, materi toleransi di mata pelajaran aswaja, ekstrakulikuler, kurangnya pengetahuan peserta didik, dan kurangnya dukungan keluarga.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Nahdlatul Ulama
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mahasiswa 12201183204 Ervan Choirul Anwar
Date Deposited: 26 Jul 2022 01:54
Last Modified: 26 Jul 2022 01:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27729

Actions (login required)

View Item View Item