NISA' ARINA ANJANILA, 12205183317 (2022) STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SDIT BINA MULIA MOJO KEDIRI. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (649kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (311kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (120kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (325kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (381kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (115kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (461kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (63kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (239kB) |
Abstract
Strategi pembelajaran merupakan suatu rencana yang dilaksanakan pendidik untuk mengoptimalkan potensi peserta didik agar siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan mencapai hasil yang diharapkan. Ketika masih ada peserta didik yang belum aktif akan menjadi tugas guru dalam mengkondisikan kelas supaya menjadi kondusif dan pembelajaran berjalan sesuai apa yang telah ditentukan. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran matematika di SDIT Bina Mulia Mojo Kediri. (2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat strategi guru dalam menagatasi mesulitan belajar pada mata pelajaran matematika di SDIT Bina Mulia Mojo Kediri. (3) Bagaimana hasil guru dalam mengatasi kesulitan belajar pada mata pelajaran matematika di SDIT Bina Mulia Mojo Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer (kepala sekolah, guru kelas (4 dan 5) dan siswa) serta data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian datan dan penarik kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan kepercayaan (ketekunan pengamatan, triangulasi sumber dan triangulasi metode, pemeriksaan teman sejawat melalui diskusi), keteralihan, kebergantungan, dan kepastian. Hasil penelitian. (1) sebelum pembelajaran guru biasanya menyiapkan media yang digunakan sesuai dengan materi yang dipelajari, setelahnya guru melaksanakan pembelajaran yang terdiri dari pendahuluan, penyampaian pelajaran dan penutup. Biasanya guru menggunakan metode ceramah plus dalam menyampaian materi. Dalam pembelajaran guru menemukan gejala-gejala kesulitan belajar. (2) faktor penghambat dan pendukung dalam peserta didik memiliki 2 faktor internal yaitu faktor internal seperti: motivasi, minat, dan intelektual. Faktor eksternal berasal dari keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat. (3) pembelajaran matematika akan lebih menyenangkan dan bisa memahami materi dengan baik. Peserta didik memiliki solidaritas yang tinggi dengan teman sekelasnya tanpa memilih-milih teman.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan > Kesulitan Belajar Pendidikan Islam Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183317 NISA' ARINA ANJANILA |
Date Deposited: | 19 Jul 2022 07:26 |
Last Modified: | 19 Jul 2022 07:26 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27731 |
Actions (login required)
View Item |