STRATEGI GURU AL-QUR’AN HADITS DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA AL-QUR’AN PADA SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 6 TULUNGAGUNG

IZATUL MARFUAH, 12201183091 (2022) STRATEGI GURU AL-QUR’AN HADITS DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA AL-QUR’AN PADA SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 6 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (949kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (260kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (295kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (427kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (437kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (272kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru Al-Qur’an Hadits dalam Meningkatkan Minat Baca Al-Qur’an paa Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Tulungagung” ini ditulis oleh Izatul Marfuah, NIM. 12201183091, pembimbing Mukhamad Sukur, M.Pd.I. Kata Kunci : Strategi Guru Al-Qur’an Hadits, dan Minat Baca Al-Qur’an. Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa pada saat ini masih banyak ditemukan siswa-siswi yang belum lancar membaca Al-Qur’an. Hal ini disebabkan karena munculnya sains dan teknologi serta arus budaya asing yang menggeser minat membaca Al-Qur’an para siswa menjadi rendah dan mulai luntur seiring dengan era globalisasi. Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Tulunggung terdapat beberapa siswa yang belum lancar membaca Al-Qur’an hal ini karena turunnya minat membaca Al-Qur’an dan masih ada siswa yang belum mengenal huruf hijaiyah. Oleh karena itu strategi guru Al-Qur’an Hadits sangat diperlukan untuk meningkatkan minat membaca Al-Qur’an pada siswa supaya siswa menjadi lebih senang dan semangat dalam belajar membaca Al-Qur’an terutama dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan minat baca Al-Qur’an pada siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Tulungagung? (2) Bagaimana pelaksanaan guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan minat baca Al-Qur’an pada siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Tulungagung? (3) Bagaimana evaluasi guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan minat baca Al-Qur’an pada siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan guru Al-Qur’an, mendeskrisikan pelaksanaan guru Al-Qur’an Hadits, dan mendeskripsikan evaluasi guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan minat baca Al-Qur’an pada siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendektan kualitatiif dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data (Data Condensation), data display (penyajian data), penarikan kesimpulan dan verifikasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keiutsertaan, ketekunan atau keajegan pengamatan, triangulasi (triangulasi teknik, triangulasi sumber, dan triangulasi waktu). Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Perencanaan guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan minat baca Al-Qur’an pada siswa adalah (a) perencanaan Pre-test dan Post-test (b) perencanaan metode dan media pembelajaran, (c) perencanaan program pembiasaan membaca Al-Qur’an setiap pagi (d) perencanaan program tahfidz untuk kelas unggulan. (2) Pelaksanaan guru Al�Qur’an Hadits dalam meningkatkan minat baca Al-Qur’an pada siswa adalah (a) Pre-test dan Post-test yang diterapkan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Tulungagung yaitu berupa praktek membaca Al-Qur’an. Pre-test dan post-test dilaksanakan sebelum dan sesudah pembelajaran, dengan tujuan untuk xiii mengetahui kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an, ada perubahan apa tidak dalam kurun waktu satu semester. Adanya Pre-test dan Post-test ini untuk menentukan metode dan media yang digunakan guru dalam pembelajaran Al�Qur’an Hadits terutma dalam membaca Al-Qur’an. (b) Metode yang digunakan adalah metode demonstrasi dan metode drill (latihan), sedangkan media yang digunakan adalah Al-Qur’an dan Terjemahannya, Iqra atau jilid, dan buku modul Al-Qur’an Hadits. (c) Program pembiasaan membaca Al-Qur’an setiap pagi dilaksanakan sebelum pembelajaran dimulai selama 10 menit, didampingi oleh guru yang mengajar pada jam pertama pembelajaran. (d) Program tahfidz untuk kelas unggulan ini diikuti oleh siswa kelas VII A-B , VIII A-B, dan IX A-B, Program ini dilaksanakan pada hari kamis setelah pembelajaran selesai, didampingi oleh adalah bapak/ibu guru di Madrasah Tsanawiyah 6 Tulungagung terutama guru Al-Qur’an Hadits, menggunakan metode gabungan antara metode wahdah dan metode kitabah. (3) Evaluasi guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan minat baca Al-Qur’an pada siswa adalah (a) Evaluasi Pre-test dan Post-test berupa praktek membaca Al-Qur’an sudah berjalan dengan baik, pada awal masuk siswa di MTsN 6 Tulungagung yang belum lancar membaca Al�Qur’an setelah mengikuti pembelajaran selama satu semester lebih lancar lagi dan perubahannya sangat baik. (b) Evaluasi dari penerapan metode dan media pembelajaran adalah dengan memberikan tes berupa praktek membaca Al-Qur’an, hasil dari praktek ada peningkatan yang cukup baik dari yang belum lancar menjadi lancar membaca Al-Qur’an. (c) Evaluasi dari Program pembiasaan membaca Al-qur’an setiap pagi adalah ditingkatkan lagi mengenai kedisiplinan, karena masih banyak siswa yang datang terlambat tidak diberi hukuman. Seharusnya diberi hukuman ringan seperti membaca Al-Qur’an di depan kelas agar kesalahannya dan bertanggung jawab. (d) Evaluasi program tahfidz adalah adalah program ini baru diadakan untuk kelas unggulan, seharusnya kelas regulerpun bisa ikut, supaya bagi siswa kelas regular yang mampu untuk menghafal bisa ikut dan bisa mengembangkan bakat dan minatnya melalui mengikuti program tahfidz ini.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Agama > Al Hadist
Agama > Al Quran
Pendidikan > Guru
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.Pd. 12201183091 IZATUL MARFUAH
Date Deposited: 19 Jul 2022 07:52
Last Modified: 19 Jul 2022 07:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27733

Actions (login required)

View Item View Item