KHULIYA NUR RAHMA, 12205183225 (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK MASA PANDEMI COVID-19 KELAS V DI MI NEGERI 5 TULUNGAGUNG TAHUN AKADEMIK 2021-2022. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (840kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (279kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (301kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (409kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (304kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (395kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (182kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Khuliya Nur Rahma, 12205183225, Implementasi Pembelajaran Tematik Masa Pandemi COVID-19 Kelas V di MI Negeri 5 Tulungagung Tahun Akademik 2021/2022. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Jurusan Tarbiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: H.Muh. Nurul Huda, M.A Kata Kunci: Implementasi, Model, Media, Teknik Pembelajaran Penelitian ini dilatar belakangi pandemi COVID-19 yang menyebar keseluruh dunia dan memberi dampak termasuk pendidikan. Pembatasan aktivitas mengakibatkan pembelajaran jarak jauh diberlakukan. Berbagai kendala dalam proses pembelajaran akibat pandemi ini. Di tingkat Madrasah Ibtidaiyah khususnya kelas V, perlu adanya tindak lanjut agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan maksimal meskipun dalam kondisi seperti ini. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah (1) Model pembelajaran tematik masa pandemi COVID-19 kelas V di MI Negeri 5 Tulungagung tahun akademik 2021/2022? (2) Media pembelajaran tematik masa pandemi COVID-19 kelas V di MI Negeri 5 Tulungagung tahun akademik 2021/2022? (3) Teknik pembelajaran tematik masa pandemi COVID-19 kelas V di MI Negeri 5 Tulungagung tahun akademik 2021/2022? Penulisan ini merupakan penelitian lapangan dengan meninjau dari sifat dan tujuan mendapatkannya gambaran mendalam dan utuh tentang suatu kasus implementasi pembelajaran tematik masa pandemi COVID-19 maka peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data meliputi: (1) dokumentasi (2) catatan arsip (3) wawancara (4) pengamatan langsung (5) pengamatan non-partisipan (6) artefak fisik. Teknik pengumpulan menggunakan banyak sumber data, menciptakan database studi kasus, dan memelihara rantai data. Analisa data menggunakan pola pembangunan penjelasan yang terdiri dari elemen penjelasan, sifat alami yang berulang, dan masalah potensial. Dalam pelaksanaan keabsahan data dilakukan dengan cara uji kepercayaan, pemeriksaan tulisan, kesepakatan serta keteralihan. Hasil penelitian adalah (1) Model pembelajaran berupa Blended Learning. (2) Media pembelajaran tematik seperti Whatsapp, YouTube, Google Meet dan Google Form. (3) Teknik pembelajaran seperti teknik pembelajaran ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183225 KHULIYA NUR RAHMA |
Date Deposited: | 01 Aug 2022 04:42 |
Last Modified: | 01 Aug 2022 04:42 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27736 |
Actions (login required)
View Item |