KREATIVITAS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH OPEN-ENDED MATERI ALJABAR DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN KELAS VII SMPN 2 KADEMANGAN

ANGGITA DWI SEPTARINI, 12204183183 (2022) KREATIVITAS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH OPEN-ENDED MATERI ALJABAR DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN KELAS VII SMPN 2 KADEMANGAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (446kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (686kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (546kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (413kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Kreativitas Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Open-ended Materi Aljabar Ditinjau dari Tipe Kepribadian Kelas VII SMPN 2 Kademangan” ini ditulis oleh Anggita Dwi Septarini, NIM. 12204183183, 2022, Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Sutopo, M.Pd. Kata kunci :Kreativitas, Masalah Open-ended, Tipe Kepribadian Penelitian ini di latar belakangi oleh sebuah permasalahan yang sering kali muncul di dalam dunia pendidikan khususnya pada saat menghadapi masalah dalam pembelajaran. Kreativitas siswa dalam memecahkan masalah matematika kurang berkembang, padahal saat ini kreativitas merupakan sesuatu yang sangat penting dan perlu dimiliki oleh generasi muda. Kreativitas matematika siswa dapat ditinjau dari perbedaan tipe kepribadian. Tipe kepribadian ini dibagi menjadi dua yaitu tipe kepribadian extrovert dan tipe kepribadian introvert. Selain itu, untuk mengetahui tingkat kreativitas yang dimiliki, peneliti memberikan beberapa masalah yang berbasis open-ended untuk dapat diselesaikan oleh siswa tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan kreativitas siswa tipe kepribadian extrovert dalam menyelesaikan masalah open-ended materi aljabar kelas VII SMPN 2 Kademangan; (2) mendeskripsikan kreativitas siswa tipe kepribadian introvert dalam menyelesaikan masalah open-ended materi aljabar kelas VII SMPN 2 Kademangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian stusi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah 4 siswa terpilih dari kelas VII-H SMPN 2 Kademangan dengan kriteria masing-masing 2 siswa bertipe kepribadian extrovert tinggi dan introvert tinggi. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, tes, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Siswa dengan tipe kepribadian extrovert berada pada tingkat kreativitas 3 (kreatif) serta memenuhi komponen indikator kefasihan (siswa mampu mengidentifikasi masalah pada soal, menyebutkan beragam jawaban) dan fleksibilitas (siswa mampu memberikan beberapa cara penyelesaian yang berbeda dengan jawaban yang diberikan).dan fleksibilitas. 2) Siswa dengan tipe kepribadian introvert berada pada tingkat kreativitas 3 (kreatif) serta memenuhi komponen indikator kefasihan (siswa mampu mengidentifikasi masalah pada soal, menyebutkan beragam jawaban) dan fleksibilitas (siswa mampu memberikan beberapa cara penyelesaian yang berbeda dengan jawaban yang diberikan).

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Aljabar
Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183183 Anggita Dwi Septarini
Date Deposited: 19 Jul 2022 07:57
Last Modified: 19 Jul 2022 07:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27741

Actions (login required)

View Item View Item