YUSUFU NICOLAS ARSWENDO, 12207183034 (2022) MANAJEMEN KELAS UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN di MTsN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (128kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (156kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (316kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (107kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (503kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (28kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (78kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Manajemen Kelas Untuk Meningkatan Kualitas Pembelajaran di MTsN 4 Tulungagung” ini ditulis oleh Yusufu Nicolas Arswendo, NIM. 12207183034, Pembimbing Dr. Luluk Indarti, M.Pd.I. Belajar adalah suatu proses yang komplek dan pasti terjadi pada setiap orang sepanjang hidupnya, belajar juga merupakan suatu proses yang ditandai dengan adanya perubahan pada diri seseorang. Tentunya proses pembelajaran yang baik akan meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah, maka diperlukan manajeman kelas yang bagus. Manajeman kelas mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi sangat dibutuhkan untuk menciptakan suasana pembelajaran yang baik. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui perencanaan manajemen kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di MTsN 4 Tulungagung. (2) Untuk mengetahui pelaksanaan manajemen kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di MTsN 4 Tulungagung, dan (3) Untuk mengetahui evaluasi manajemen kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di MTsN 4 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Studi Kasus. Subjek penelitian berjumlah 4 subjek yang terdiri dari kepala sekolah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara. Observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Perencanaan Manajemen Kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di MTsN 4 Tulungagung dilakukan dengan menyiapkan scenario penataan kelas, pemilihan metode dan media dalam perangkat pembelajaran, (2) Pelaksanaan Manajemen Kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di MTsN 4 Tulungagung dilakukan dengan Menciptakan iklim belajar yang tepat, Pengaturan ruang kelas yang terdiri pengaturan bangku dan penyediaan fasilitas kelas, dan Menyediakan pola interaksi belajar mengajar antara guru dan siswa, dan (3) Evaluasi Manajemen Kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di MTsN 4 Tulungagung dilakukan dengan Evaluasi terhadap fasilitas yang ada di sekolah dan proses pembelajaran oleh kepala sekolah, dan Evaluasi Pembelajaran di kelas oleh guru dengan penilai ketrampilan, pengetahuan melalui penilaian harian dan penilaian semester yang ditunjukan oleh siswa Kata Kunci: Manajeman, Kelas, Kualitas Pembelajaran
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Mutu Pendidikan Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 12207183034 Yusufu Nicolas Arswendo |
Date Deposited: | 19 Jul 2022 08:25 |
Last Modified: | 19 Jul 2022 08:25 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27742 |
Actions (login required)
View Item |