MANAJEMEN KELAS UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN di MTsN 4 TULUNGAGUNG

YUSUFU NICOLAS ARSWENDO, 12207183034 (2022) MANAJEMEN KELAS UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN di MTsN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (128kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (156kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (503kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (78kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Manajemen Kelas Untuk Meningkatan Kualitas Pembelajaran di MTsN 4 Tulungagung” ini ditulis oleh Yusufu Nicolas Arswendo, NIM. 12207183034, Pembimbing Dr. Luluk Indarti, M.Pd.I. Belajar adalah suatu proses yang komplek dan pasti terjadi pada setiap orang sepanjang hidupnya, belajar juga merupakan suatu proses yang ditandai dengan adanya perubahan pada diri seseorang. Tentunya proses pembelajaran yang baik akan meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah, maka diperlukan manajeman kelas yang bagus. Manajeman kelas mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi sangat dibutuhkan untuk menciptakan suasana pembelajaran yang baik. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui perencanaan manajemen kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di MTsN 4 Tulungagung. (2) Untuk mengetahui pelaksanaan manajemen kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di MTsN 4 Tulungagung, dan (3) Untuk mengetahui evaluasi manajemen kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di MTsN 4 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Studi Kasus. Subjek penelitian berjumlah 4 subjek yang terdiri dari kepala sekolah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara. Observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Perencanaan Manajemen Kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di MTsN 4 Tulungagung dilakukan dengan menyiapkan scenario penataan kelas, pemilihan metode dan media dalam perangkat pembelajaran, (2) Pelaksanaan Manajemen Kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di MTsN 4 Tulungagung dilakukan dengan Menciptakan iklim belajar yang tepat, Pengaturan ruang kelas yang terdiri pengaturan bangku dan penyediaan fasilitas kelas, dan Menyediakan pola interaksi belajar mengajar antara guru dan siswa, dan (3) Evaluasi Manajemen Kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di MTsN 4 Tulungagung dilakukan dengan Evaluasi terhadap fasilitas yang ada di sekolah dan proses pembelajaran oleh kepala sekolah, dan Evaluasi Pembelajaran di kelas oleh guru dengan penilai ketrampilan, pengetahuan melalui penilaian harian dan penilaian semester yang ditunjukan oleh siswa Kata Kunci: Manajeman, Kelas, Kualitas Pembelajaran

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Mutu Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12207183034 Yusufu Nicolas Arswendo
Date Deposited: 19 Jul 2022 08:25
Last Modified: 19 Jul 2022 08:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27742

Actions (login required)

View Item View Item