DEFIKA NUR AFIFAH, 12201183282 (2022) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SMPN 2 KADEMANGAN. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (396kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (288kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (430kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (770kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (529kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (735kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (820kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (297kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (212kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Karakter Religius Siswa Di SMPN 2 Kademangan” ini ditulis oleh Defika Nur Afifah, NIM. 12201183282, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Prof. Dr. H. Imam Fuadi, M. Ag. Kata Kunci : Strategi Guru PAI, Karakter Religius Siswa. Karakter merupakan hal yang sangat penting dan mendasar, seseorang yang memiliki karakter kuat dan baik secara individual maupun sosial telah menunjukkan bahwa mereka memiliki akhlak, moral dan budi pekerti yang baik. Salah satu tempat untuk melaksanakan pendidikan karakter yaitu ketika di sekolah. Karakter religius perlu dibentuk pada setiap siswa agar mereka memiliki pemikiran, perkataan dan tindakan yang selalu didasarkan pada nilai-nilai ketuhanan. Stategi yang diberikan guru sangat dibutuhkan oleh siswa dalam meningkatkan karakter religius. Fokus penelitan ini adalah : (1) Bagaimana strategi keteladanan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan karakter religius peserta didik di SMPN 2 Kademangan? (2) Bagaimana strategi pembiasaan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan karakter religius peserta didik di SMPN 2 Kademangan? (3) Bagaimana strategi mau’izhah dan nasihat guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan karakter religius peserta didik di SMPN 2 Kademangan?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif melalui teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan temuan menggunakan triangulasi (triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu), ketekunan penelitian, dan diskusi teman sejawat. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) Strategi guru PAI dalam meningkatkan karakter religius siswa melalui keteladanan yaitu guru selalu datang tepat waktu, guru selalu bersikap dan berperilaku sopan santun serta berkata dengan jujur, guru selalu berpakaian rapi dan sopan, guru selalu mendampingi peserta didik dalam setiap kegiatan keagamaan. (2) Strategi guru PAI dalam meningkatkan karakter religius siswa melalui pembiasaan yaitu guru membiasakan peserta didik untuk berdo’a,guru membiasakan berwudhu terlebih dahulu sebelum membaca Al-Qur’an, guru membiasakan peserta didik untuk sholat dhuhur berjama’ah, guru membiasaan istighosah bersama, guru membiasakan peserta didik untuk berinfaq atau shodaqoh. (3) Strategi guru PAI dalam meningkatkan karakter religius siswa melalui mau’izhah atau nasihat yaitu guru memberikan nasihat ketika proses pembelajaran, guru memberikan nasihat melalui pendekatan personal, guru menasihati siswa untuk selalu menjalankan sholat lima waktu, tadarus Al-Qur’an, menerapkan Senyum, Salam, Sapa (3S), toleransi atas perbedaan, menasihati untuk selalu bersikap sopan santun serta mengajak siswa berpuasa Senin Kamis.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201183282 Defika Nur Afifah |
Date Deposited: | 19 Jul 2022 08:04 |
Last Modified: | 19 Jul 2022 08:04 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27744 |
Actions (login required)
View Item |