STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK (Studi Kasus di SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung)

SYAHRIL IMAM MUSLIM, 12201183318 (2022) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK (Studi Kasus di SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (240kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (112kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (130kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul "Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kemandirian Peserta Didik (Studi Kasus di SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung)", ini ditulis oleh Syahril Imam Muslim, NIM 12201183318, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M.Ag. Kata Kunci: Strategi guru pendidikan agama Islam, kemandirian Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemandirian peserta didik yang semakin menurun dari tahun ke tahun. Dalam kenyataannya di lapangan, peserta didik banyak yang memiliki ketergantungan pada temannya baik itu dalam hal belajar, bersosial, maupun dalam mengambil keputusan. Maka dari itu perlu didalami bagaimana dan strategi apa saja yang dapat dilakukan oleh guru dalam meningkatkan kemandirian peserta didik. Sementara pertanyaan penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kemandirian belajar peserta didik (Studi Kasus di SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung)?, 2) Bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kemandirian bersosial peserta didik (Studi Kasus di SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung)?, 3)Bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kemandirian mengambil keputusan peserta didik (Studi Kasus di SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung)?. Penelitian ini bertujuan untuk; 1) Mendiskripsikan strategi guru PAI dalam meningkatkan kemandirian belajar peserta didik (Studi Kasus di SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung), 2) Mendiskripsikan strategi guru PAI dalam meningkatkan kemandirian bersosial peserta didik (Studi Kasus di SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung), 3) Mendiskripsikan strategi guru PAI dalam meningkatkan kemandirian mengambil keputusan peserta didik (Studi Kasus di SMP Islam Al Azhaar Tulungagung). Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian ini di SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung. Data penelitian ini adalah strategi guru PAI dalam meningkatkan kemandirian belajar peserta didik (Studi Kasus di SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung), strategi guru PAI dalam meningkatkan kemandirian bersosial peserta didik (Sudi Kasus di SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung), dan strategi guru PAI dalam meningkatkan kemandirian mengambil keputusan peserta didik (Studi Kasus di SMP Islam Al Azhaar Tulungagung). Sementara sumber data diperoleh dari respon seperti: kepala sekolah, guru pendidikan agama Islam, dan sebagian peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dan pengecekan keabsahan temuan menggunakan keajegan pengamatan, triangulasi, dan pengecekan sejawat.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Strategi guru PAI dalam meningkatkan kemandirian belajar peserta didik (Studi Kasus di SMP Islam Al Azhaar Tulungagung) adalah dengan melakukan pembiasaan, mengatur jadwal pembelajaran, mengadakan kontrak belajar, memberi motivasi, pengadaan modul pribadi, melakukan praktik dalam belajar, dan menggunakan beberapa jenis strategi pembelajaran yang dapat mendukung proses belajar, 2) Strategi guru PAI dalam meningkatkan kemandirian bersosial peserta didik (Studi Kasus di SMP Islam Al Azhaar Tulungagung) adalah dengan mengadakan metode tutor sebaya, pelaksanaan kerja kelompok untuk meningkatkan keahlian dalam berinteraksi, pengadaan tugas lapangan, dan adanya pembiasaan untuk bersedekah, 3) Strategi guru PAI dalam meningkatkan kemandirian mengambil keputusan peserta didik (Studi Kasus di SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung) adalah dengan memberikan jam khusus peserta didik bersama dengan wali kelas, dan pengadaan tugas mandiri yang mengharuskan peserta didik tidak boleh ada kesamaan dengan temannya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183318 SYAHRIL IMAM MUSLIM
Date Deposited: 19 Jul 2022 08:19
Last Modified: 19 Jul 2022 08:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27745

Actions (login required)

View Item View Item