ELDA ARIFATUL MAR'AH, 12205183210 (2022) STRATEGI GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI BUDAYA KEAGAMAAN DI MIN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (545kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (322kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (457kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (515kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (277kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (661kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (494kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (317kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (438kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Guru Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Melalui Budaya Keagamaan Sekolah Di MIN 4 Tulungagung” ini ditulis oleh Elda Arifatul Mar’ah, NIM 12205183210, pembimbing Dr. Moh. Arif, M.Pd. Kata kunci: Strategi Guru, Karakter, Budaya Keagamaan. Penelitian in dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena yang sering dijumpai yaitu dimana kurangnya pencerminan karakter dari peserta didik. Dalam hal ini untuk membentuk karakter peserta didik dengan menggunakan strategi. Perlunya seorang guru untuk membentuk karakter peserta didik melalui strategi-stategi yang dimilikinya. Tanpa penggunaan strategi dari guru untuk membentuk karakter peserta didik tentu tidak akan berjalan dengan mudah dan tidak akan berjalan dengan efektif. Strategi yang digunakan guru dalam membentuk karakter peserta didik dapat digunakan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana bentuk-bentuk budaya keagamaan di MIN 4 Tulungagung. (2) Bagaimana strategi guru dalam membentuk karakter disiplin dan religius peserta didik di MIN 4 Tulungagung?. (3) Bagaimana hambatan dalam proses pembentukan karakter disiplin dan religius peserta didik di MIN 4 Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk budaya keagamaan di MIN 4 Tulungagung. (2) Untuk strategi yang digunakan guru dalam membentuk karakter disiplin dan religius peserta didik di MIN 4 Tulungagung. (3) Untuk mendeskripsikan hambatan dalam proses pembentukan karakter disiplin dan religius pada peserta didik di MIN 4 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, lokasi Penelitian di MIN 4 Tulungagung, sumber data melalui narasumber, peristiwa atau aktivitas, dan lokasi penelitian. Dalam menganalisis datanya menggunakan teknik analisis deskriptif. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi, member check, dan ketekunan pengamatan. Hasil penelitian ini adalah (1) Bentuk-bentuk Budaya Keagamaan di MIN 4 Tulungagung meliputi pembiasaan pagi, sholat dhuha dan sholat dhuhur berjamaah, berdo’a sebelum dan sesudah selesai pembelajaran, peringatan hari besar islam, dan hafalan Al-Qur’an metode ummi. (2) Strategi Guru Dalam Membentuk Karakter Disiplin Dan Religius Peserta Didik Di MIN 4 Tulungagung meliputi, penanaman pembiasaan pagi secara rutin, menjadikan guru sebagai contoh teladan yang baik untuk para peserta didiknya, mengingatkan, kemudian memberikan pendampingan, serta himbauan terhadap seluruh aktivitas peserta didik, melalui peraturan atau tata tertib sekolah yang wajib dipatuhi oleh seluruh peserta didik, dan Penanaman budaya keagamaan sekolah dalam diri peserta didik. (3) Hambatan Dalam Proses Pembentukan Karakter Peserta Didik Di MIN 4 Tulunggung meliputi, rendahnya kesadaran peserta didik atas peraturan sekolah, perbedaan karakter masing-masing peserta didik, kurangnya kerjasama dari orang tua peserta didik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183210 Elda Arifatul Mar'ah |
Date Deposited: | 19 Jul 2022 08:01 |
Last Modified: | 19 Jul 2022 08:01 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27746 |
Actions (login required)
View Item |