ZENITA ULKARIMA, 12205183208 (2022) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI MI AL HUDA REJOWINANGUN TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (817kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (302kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (252kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (335kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (897kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (272kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (154kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Penggunaan Media Pembelajaran Visual Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di MI Al Huda Rejowinangun Trenggalek” yang ditulis oleh Zenita Ulkarima, NIM. 12205183208, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Musrikah, M.Pd. Kata Kunci : media, visual, minat belajar, IPA. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kuangnya minat peeserta didik pasca pembelajaran daring terhadap pembelajaran IPA. Oleh sebab itu, guru perlu untuk menumbuhkan minat belajar siswa yaitu salah satunya dengan cara pembelajaran menggunakan media visual. Dengan adanya media visual peserta didik akan lebih tertarik dan termotivasi untuk mengikuti proses kegiatan belajar mengajar. Dengan adanya fasilitas yang memadai di MI Al Huda Rejowinangun yaitu adanya media TV LED, maka guru memaksimalkan penggunaan media tersebut dalam bentuk media visual dalam pelajaran IPA guna mencapai tujuan pembelajaran yang maksimal. Fokus dalam penelitian ini yaitu : 1) Bagaimana perencanaan penggunaan media pembelajaran visual dalam menumbuhkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA di MI Al-Huda Rejowinangun? 2) Bagaiamana pelaksanaan penggunaan media pembelajaran visual untuk menumbuhkan minat belajar pada mata pelajaran IPA di MI Al-Huda Rejowinangun? 3) Bagaimana dampak penggunaan media pembelajaran visual dalam menumbuhkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA di MI Al-Huda Rejowinangun? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan penggunaan media visual dan untuk mendeskripsikan pelaksanaan penggunaan media visual dalam menumbuhkan minat belajar siswa, serta untuk mendeskripsikan dampak penggunaan media visual dalam menumbuhkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA di MI Al-Huda Rejowinangun Kecamatan/Kabupaten Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian terletak di Madrasah Ibtidaiyah Al Huda Rejowinangun Trenggalek. Sedangkan penelitian ini bersifat deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu 1 guru kelas, 1 siswa yang memiliki minat belajar tinggi, 1 siswa yag memiliki minat belajar sedang dan kepala madrsah. Fokus penelitian ini terletak pada penggunaan media visual dalam pembelajaran IPA guna menumbuhkan minat belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian : 1) perencanaan penggunaan media pembelajaran visual dalam meningkatkan minat belajar IPA di MI Al Huda Rejowinangun Trenggalek yaitu dilaksanakan dengan beberapa tahap yang pertama yaitu menyesuaikan karakteristik siswa dengan media, menyesuaikan dengan tujuan pembelajaran, memperhatikan karakteristik media yang digunakan, dan yang terakhir memperhatikan waktu dan tempat. 2) pelaksanaan penggunaan media visual untuk meningkatkan minat belajar IPA di MI Al Huda Rejowinangun yaitu guru memilih dan mempersiapkan materi, guru menyampaikan materi dengan menggunakan media visual, guru melakukan tanya jawab dan diskusi, guru memberikan soal dan evaluasi kepada peserta didik. 3) dampak penggunaan media visual terhdap minat belajar peserta didik yaitu peserta didik cenderung memperhatikan dan mudah mengingat, peserta didik lebih mudah menangkap dan memahami materi, peserta didik antusias dalam mengikuti pelajaran, peserta didik mengikuti pelajaran dengan senang.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Minat Belajar Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183208 ZENITA ULKARIMA |
Date Deposited: | 19 Jul 2022 08:06 |
Last Modified: | 19 Jul 2022 08:06 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27748 |
Actions (login required)
View Item |