PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMA ISLAM SUNAN GUNUNG JATI NGUNUT TULUNGGAGUNG

AHMAD IRFAN ARIANTO, 12207173080 (2022) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMA ISLAM SUNAN GUNUNG JATI NGUNUT TULUNGGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (811kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (630kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (723kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (833kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (799kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (834kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (885kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (562kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMA Islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tulunggagung” ini ditulis oleh Ahmad Irfan Arianto, NIM. 12207173080, dibimbing oleh Dr. Hj. Indah Khomsiyah, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci: Kepala sekolah, Peran kepala sekolah Penelitian ini konteksnya tentang fungsi penting peran dari pada kepala sekolah yang merupakan pejabat profesional dalam organisasi sekolah yang bertugas mengatur staf dan pegawai lainya, serta peserta didik dalam mencapai tujuan yang diharapkan. Tugas dalam peningkatan mutu pendidikan tentunya juga peran dari pada kepala lembaga. Hanya saja karena tidak bisa ditangani sendiri maka membutuhkan tenaga kependidikanm yang telah diberi kepercayaan untuk melaksanakan tugasnya. Oleh sebab itu hanya tinggal peran kepala sekolah bagaimana mengelola semua yang ada dalam perangkat pendidikan disekolah itu baik sumber daya pendidik, peserta didik, dan pegawai fungsional lainya. Kasus tentang peran kepala sekolah menjadi dasar peneliti ingin melakukan research disebuah lembaga yaitu Sekolah Menengah Atas Islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah; 1) Bagaimana Peran Kepala Sekolah Sebagai Educator Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Menengah Atas Islam Sunan Gunung Jati ?, 2) Bagaimana Peran Kepala Sekolah Sebagai Manajer Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Menengah Atas Islam Sunan Gunung Jati ?, 3) Bagaimana Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Menengah Atas Islam Sunan Gunung Jati ?. Adapun tujuanya yaitu mendeskripsikan Peran Kepala Sekolah Sebagai Educator Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Menengah Atas Islam Sunan Gunung Jati, Mendeskripsikan Peran Kepala Sekolah Sebagai Manajer Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Menengah Atas Islam Sunan Gunung Jati, Mendeskripsikan Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Menengah Atas Islam Sunan Gunung Jati. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Alat pengumpul data adalah peneliti itu sendiri. Lokasi penelitian di Sekolah Menengah Atas Islam Sunan Gunung Jati yang berkedudukan di Jalan Raya I Gg. PDAM Desa Ngunut, Kecamatan Ngunut, Kabupaten Tulungagung. Sumber data primer dan skunder. Teknik pengumpulan Data Wawancara, Observasi Parsitipan, Studi Dokumentasi. Teknik analisis data berupa data reduction, data display dan conclusion drawing. Dengan pengecekan keabsahan data yaitu credibility, transferability, dependability, confirmabilit. Hasil penelitian dan pembahasan analisis data disimpulkan bahwa: 1) Peran Kepala sekolah SMA Islam Sunan Gunung Jati Tulungagung sebagai edukator berupaya meningkatkan kualitas pembelajaran dengan berbagai macam cara, seminar semacamnya, membimbing tenaga kependidikan dengan memberikan arahan yang tidak bersifat otoriter karena supaya apa yang beliau perintahkan tidak menjadi beban sehingga diperoleh hasil yang maksimal, memberikan bimbingan kepada peserta didik dengan mengadakan bimbingan diluar kurikuler supaya bisa mengenal karakter dan seluk beluk dari peserta didik, pengembangan para staff artinya meningkatkan kualitas kinerja dengan memberi izin anggota staf untuk mengikuti pelatihan seminar diklat semacamnya, perkembangan IPTEK bekerja sama dengan guru yang masih muda dan memiliki technologi programing skills sebagai generasi masa kini untuk saling belajar bersama, memberikan cara mengajar atau bimbingan konseling sebagai media untuk meningkatkan kualitas mental. 2) Peran Kepala Sekolah SMA Islam Sunan Gunung Jati Tulungagung Sebagai manager menjalankan peranya atas dasar emoat hal yaitu perencanaan semua tindakan direncanakan berdasarkan musawarah, membuat struktur organisasi supaya lebih mudah dalam memberikan tugas masing-masing, melakuakan action atau pergerakan supaya apa yang direncanakan bisa terealisasi, dan yang terakhir pengawasan yaitu penilaian hasil dari rencana yang sudah dijalankan. 3) Peran Kepala Sekolah SMA Islam Sunan Gunung Jati Tulungagung Sebagai supervisor dengan dimulai dari penyusunan program supervisi yang melibatkan seluruh tenaga kependidikan, kemudian melakasanakan program tersebut dengan model klinis dengan pendekatan kolaborative.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12207173080 AHMAD IRFAN ARIANTO
Date Deposited: 19 Jul 2022 04:01
Last Modified: 19 Jul 2022 04:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27752

Actions (login required)

View Item View Item