ANALISIS KETERAMPILAN VARIASI GURU DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK MI AL HIDAYAH 02 BETAK KALIDAWIR TULUNGAGUNG

SITI NUR ALFI KHASANAH, 17205163336 (2020) ANALISIS KETERAMPILAN VARIASI GURU DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK MI AL HIDAYAH 02 BETAK KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (187kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (112kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (170kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (113kB)

Abstract

Skripsi dengan judul ”Analisis Keterampilan Variasi Gaya Mengajar Guru dalam Pembelajaran Tematik MI Al Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Siti Nur Alfi Khasanah, NIM. 17205163336, dibimbing oleh Dr. Moh Arif, M.Pd Kata Kunci : Keterampilan variasi, Guru, dan Pembelajaran Tematik Penelitian ini dilatar belakangi bahwa di MI peneliti menemukan sebuah fenomena bahwa masih ada beberapa guru yang hanya melakukan tugas sebatas mentransfer ilmu, kurang bervariasi dalam menyampaikan pelajaran, sumber belajar yang kurang maksimal, tanpa tahu bagaimana mengemas pembelajaran tematik menarik perhatian peserta didik, sehingga masih banyak ditemui peserta didik yang jenuh dan bosan saat pembelajaran, dalam mengatasi rasa jenuh dan bosan siswa dalam pembelajaran tematik diperlukan variasi dalam pembelajaran tematik. Variasi dalam pembelajaran tematik merupakan upaya agar iklim pembelajaran tetap menarik perhatian dan siswa berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran. Sehingga variasi pembelajaran dapat mengatasi rasa bosan dan jenuh siswa. Dalam hal ini peneliti menghubungkan keterampilan variasi guru dengan pembelajaran tematik di Madrasah Ibtidaiyah Al Hidayah 02 Betak. Fokus penelitian yang dikaji dalam skripsi ini adalah: (1) Bagimana keterampilan variasi gaya mengajar guru dalam pembelajaran tematik kelas IV MI Al Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung Tahun Pelajaran 2019/2020? (2) Bagiamana keterampilan penggunaan media dan bahan ajar dalam pembelajaran tematik kelas IV MI Al Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung Tahun Pelajaran 2019/2020? (3) Bagaimana keterampilan berinteraksi guru dan siswa dalam pembelajaran tematik kelas IV MI Al Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung Tahun Pelajaran 2019/2020?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan variasi gaya mengajar,keterampilan penggunaan media dan bahan ajar, keterampilan berinteraksi guru dan siswa dalam pembelajaran tematik kelas IV MI Al Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian dilakukan di MI Al Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, partisipan, dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan pengumpulan data berupa reduksi data, penyajian data, verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Keterampilan variasi gaya mengajar dalam pembelajaran tematik kelas IV MI Al Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung adalah guru telah mampu menerapkan variasi gaya mengajar guru seperti penggunaan variasi suara, penekanan, pemberian waktu, kontak pandang, gerakan anggota badan, dan pindah posisi, guru juga menggunakan variasi dengan memadukan antara variasi suara dengan variasi kontak pandang maupun dengan variasi yang lain sesuai dengan materi pembelajaran dan kondisi siswa. (2) Keterampilan penggunaan media dan bahan ajar dalam pembelajaran tematik kelas IV MI Al Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung adalah guru menggunakan variasi media dan bahan ajar dalam proses pembelajaran, guru menggunakan media visual berupa poster lingkungan, media audio berupa rekaman puisi dan media taktil yang didapat dari lingkungan sekitar. (3) Keterampilan berinteraksi guru dan siswa dalam pembelajaran tematik kelas IV MI Al Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung adalah dengan penggunaan pola interaksi ceramah-tugas kelompok-diskusi kelas, dan pola interaksi tanya jawab-ceramah-diskusi kelas. Gambaran pola interaksinya guru-peserta didik-peserta didik, dan pola interaksi guru-peserta didik, peserta didik-guru, peserta didik-peserta didik. Pola tersebut ada feedback bagi guru, dan siswa saling belajar satu sama yang lain seperti tugas kelompok.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Gaya Belajar
Pendidikan > Guru
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S1 17205163336 SITI NUR ALFI KHASANAH, S. PD
Date Deposited: 02 Dec 2022 08:52
Last Modified: 02 Dec 2022 08:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27754

Actions (login required)

View Item View Item