PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-UMRON DESA BENDOSEWU KEC. TALUN KAB. BLITAR

JIHAN FARIDA NUR AZIZA FITRIA RATNASARY DEVY, 12205183189 (2022) PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-UMRON DESA BENDOSEWU KEC. TALUN KAB. BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (937kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (373kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (48kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (546kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (735kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di Madrasah Ibtidaiyah Desa Bendosewu Kec. Talun Kab. Blitar” ini ditulis oleh Jihan Farida Nur Aziza Fitria Ratnasary Devy, NIM 12205183189, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Moh. Arif, M.Pd. Kata kunci : peran kepala madrasah, profesionalisme guru. Penelitian ini di latarbelakangi oleh peran kepala madrasah dengan adanya permasalahan dalam profesionalisme guru. Guru merupakan komponen pendidikan yang utama dan berinteraksi langsung dengan siswa. Guru harus memiliki kesadaran untuk memenuhi kompetensi, standar kualifikasi, dan kriteria sebagai guru profesional. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana peran sebagai supervisor dalam meningkatkan profesionalisme guru di Madrasah Ibtidaiyah Al-Umron Desa Bendosewu Kec. Talun Kab. Blitar? (2) Bagaimana peran kepala madrasah sebagai manajer agar guru dapat meningkatkan sikap profesional dalam kegiatan belajar mengajar di Madrasah Ibtidaiyah Al-Umron Desa Bendosewu Kec. Talun Kab. Blitar? (3) Bagaimana peran kepala madrasah sebagai evaluator dan pemimpin dalam meningkatkan profesionalisme guru di Madrasah Ibtidaiyah Al-Umron Desa Bendosewu Kec. Talun Kab. Blitar? Jenis penelitian ini adalah berdasarkan data lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa tugas dan fungsi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di Madrasah Ibtidaiyah Al-Umron Desa Bendosewu Kec. Talun Kab. Blitar dilakukan sesuai dengan peran kepala madrasah sebagai supervisor, manager, evaluator dan pemimpin dalam meningkatkan profesionalisme guru di Madrasah Ibtidaiyah Al-Umron Desa Bendosewu Kec. Talun Kab. Blitar. Hasil dari penelitian ini di antaranya Peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan profesionalisme guru di Madrasah Ibtidaiyah Al-Umron Desa Bendosewu Kec. Talun Kab. Blitar adalah sebagai perencana, pelaksana dan pengevaluasi supervisi. Peran kepala madrasah sebagai manajer agar guru dapat meningkatkan sikap profesional dalam kegiatan belajar mengajar di Madrasah Ibtidaiyah Al-Umron Desa Bendosewu Kec. Talun Kab. Blitar adalah sebagai pengawas, motivator dan mengadakan kegiatan kelompok. Kegiatan evaluasi yang dilakukan oleh kepala madrasah sebagai evaluator dan pemimpin dilaksanakan dengan cara terjun langsung mengamati proses kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh para guru di Madrasah Ibtidaiyah Al-Umron Desa Bendosewu Kec. Talun Kab. Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan > Kepala Sekolah
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183189 JIHAN FARIDA NUR AZIZA FITRIA RATNASARY DEVY
Date Deposited: 19 Jul 2022 08:12
Last Modified: 19 Jul 2022 08:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27757

Actions (login required)

View Item View Item