STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN NILAI BUDAYA DAN AGAMA KEPADA SISWA DI MI MIFTAHUL HUDA BANJAREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG

MAKHRUS AHMAD NURZAIN, 12205183300 (2022) STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN NILAI BUDAYA DAN AGAMA KEPADA SISWA DI MI MIFTAHUL HUDA BANJAREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (89kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (218kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (687kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (188kB)

Abstract

Penelitian ini didasari oleh akan pentingnya pendidikan akhlak kepada siswa. Nilai budaya dan agama merupakan salah satu pendidikan akhlak yang harus diajarkan kepada siswa karena nilai tersebutlah yang akan dibawa siswa hidup bermasyarakat. Sekolah sebagai rumah ke dua bagi siswa sudah seharusnya turut serta dalam menanamkan nilai budaya dan agama kepada peserta didik. Maka dari itu guru harus memiliki suatu strategi yang baik dalam menanamkan nilai budaya dan agama kepada siswa seperti memiliki perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui perencanaan guru dalam menanamkan nilai budaya dan agama kepada siswa di MI Miftahul Huda Banjarejo, 2) Mengetahui pelaksanaan guru dalam menanamkan nilai budaya dan agama kepada siswa di MI Miftahul Huda Banjarejo, 3) Mengetahui evaluasi guru dalam menanamkan nilai budaya dan agama kepada siswa di MI Miftahul Huda Banjarejo. Untuk mencapai tujuan penelitian, peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Adapun sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan guru dalam menanamkan nilai budaya dan agama kepada siswa di MI Miftahul Huda Banjarejo yaitu melalui rapat kerja antar dewan guru dalam kegiatan ini dewan guru akan menentukan kegiatan apa saja yang akan dilaksanakan nantinya serta penyusunan jadwal dan susunan acara, 2) Pelaksanaan guru dalam menanamkan nilai budaya dan agama kepada siswa di MI Miftahul Huda Banjarejo, penaman nilai budaya dan agama di MI Miftahul Huda Banjarejo melalui kegiatan-kegiatan berbasis penaman nilai budaya dan agama, selain itu dalam pelaksanaannya guru menerapkan melalui pembiasaan, keteladanan, apresiasi, pemberian nasehat dan kerja sama yang baik, 3) Evaluasi guru dalam menanamkan nilai budaya dan agama kepada siswa di MI Miftahul Huda Banjarejo guru selalu melakukan evaluasi disetiap akhir pelaksanaan suatu kegiatan hal ini bertujuan agar guru dapat mengetahui faktor pendukung dan penghambat serta mengambil tindakan yang tepat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183300 MAKHRUS AHMAD NURZAIN
Date Deposited: 20 Jul 2022 04:13
Last Modified: 20 Jul 2022 04:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27760

Actions (login required)

View Item View Item